• Home
  • /
  • PERCETAKAN
  • /
  • Penting! Jenis Tinta Sablon Manual Yang Sering Digunakan

Penting! Jenis Tinta Sablon Manual Yang Sering Digunakan

Bisnis sablon beredar pesat dan memiliki pangsa pasar yang tinggi. Kesuksesan bisnis sablon tentunya dimulai dari pemilihan jenis tinta sablon yang tepat sehingga hasilnya maksimal. Apalagi jenis tinta sablon memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri dan harus disesuaikan dengan kebutuhan, apabila ada kesalahan pemilihan tinta akan berdampak pada hasil sablon yang tidak bagus.

Jenis Tinta Sablon Manual

Selain tinta jenis DTG, ada jenis tinta sablon manual yang sering digunakan. Tinta sablon manual dapat digunakan untuk sablon kaos dan lain-lain dan menggunakan peralatan screen, raket, meja sablon, papan kaos dan lain-lain karena proses penyablonan masih menggunakan tenaga. Namun memiliki kualitas yang baik dan awet, yang terpenting adalah menjaga perawatan kaos dan jasa sablon harus memiliki skill yang mumpuni.

Jenis Tinta Sablon Manual

Sementara itu jenis tinta sablon manual memiliki 5 jenis yang sering digunakan. Untuk itu dibawah ini ada 5 jenis tinta sablon yang akan dijabarkan, antara lain:

1. Tinta Rubber

Jenis tinta rubber termasuk tinta karet karena terbuat dari karet dan berguna untuk menutup serat kain. Selain itu hasil tinta tersebut menampilkan sablon yang elastis. Tinta ini cocok digunakan semua bahan dan warna t-shirt atau kaos yang berwarna gelap. Selain itu cocok untuk cetak tali gantungan id card karena awet dan tahan lama walaupun dicuci berkali-kali.

2. Tinta Discharge

Tinta discharge memiliki hasil yang soft dan natural karena mengandung kedua zat antara superwhite dan bahan khusus. Namun tinta tersebut hanya digunakan pada kaos katun murni dengan warna hitam dan dongker. Namun tinta jenis ini banyak diminati karena disebut sablon kaos cabut warna yang hasil tintanya dapat mengubah warna dari bahan kaos.

3. Tinta Glow In The Dark

Jenis Tinta glow in the dark terbilang unik karena menghasilkan efek bercahaya pada kaos. Hal tersebut karena tinta dicampurkan serbuk fosfor yang menghasilkan tampilan fantastis saat digelapkan. Untuk itu jenis tinta sablon ini cocok untuk cetak tali gantungan id card agar tampilan gantungan id elegan dan menarik perhatian.

4. Tinta Superwhite

Tinta ini cocok digunakan untuk sablon kaos manual dan terbilang unik karena selain menyerap pada kainnya cepat, dapat menghasilkan warna putih yang transparan pada kaos yang gelap.

Artikel Menarik Lainnya: Menjadikan Design Grafis Sebagai Sumber Penghasilan

5. Tinta Plastisol

Jenis tinta sablon ini memiliki keunikan dibanding jenis tinta lain karena memiliki sifat bandel sehingga tidak mudah kering saat di screen. Hal itu berguna untuk diaplikasikan pada dot-dot kecil dan raster kecil, termasuk cetak tali lanyard untuk id card. Apalagi memberikan efek layaknya 3D akibat texturenya sedikit timbul dengan hasil cetakan yang mengkilap dan tebal saat diraba.

Jenis tinta sablon manual memang dapat dipilih sesuai kebutuhan, untuk itu jangan sampai salah mengaplikasikannya agar hasil sablon berkualitas tinggi. Untuk itu ke 5 jenis tinta diatas dapat dijadikan acuan agar pembuatan sablon berjalan lancar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top