• Home
  • /
  • KONSTRUKSI
  • /
  • Tahukah Anda Bagaimana Risiko Kecelakaan Kerja Terjadi?

Tahukah Anda Bagaimana Risiko Kecelakaan Kerja Terjadi?

Bagi perusahaan, melakukan Inspeksi K3 adalah hal yang wajib untuk dilakukan. Inspeksi K3 harus rutin dilakukan untuk meminimalisir kecelakaan yang pastinya akan merugikan perusahaan. K3 merupakan suatu kegiatan untuk mendeteksi semua faktor – faktor yang memiliki potensi menimbulkan kecelakaan kerja sehingga biaya untuk kerugian dapat diminimalisir. Inspeksi K3 perlu dilakukan untuk menemukan sumber bahaya sedini mungkin sehingga bisa dilakukan tindakan perbaikan untuk mencegah kecelakaan kerja terjadi.

Faktor – Faktor Penyebab Kecelakaan Kerja

Ketika bekerja pastinya para pekerja tidak lepas dari resiko kecelakaan kerja. Berbagai macam faktor pun bisa menjadi penyebabnya. Oleh karena itu, inspeksi K3 penting dilakukan sebuah perusahaan untuk mendeteksi faktor – faktor tersebut.

Peralatan Kerja

Terkadang kecelakaan kerja terjadi disebabkan oleh peralatan kerja yang tidak memenuhi Standar Nasional Indonesia atau SNI. Padahal seperti yang kita ketahui bahwa peralatan kerja berfungsi sebagai alat bantu untuk mempermudah, memperlancar, dan mempercepat proses pekerjaan sehingga proyek pun dapat diselesaikan tepat waktu. Oleh karena itu, sangat penting memiliki peralatan sesuai standar. Sehingga selain bisa mempercepat pekerjaan, kecelakaan kerjapun bisa di minimalisir. Contohnya adalah mesin trowel.

mesin trowel

Mesin trowel merupakan alat yang dipakai untuk meratakan sebuah acian pada permukaan lantai agar menjadi halus dan rapi dalam proses pengerasan ketika pengecoran sehingga bisa meningkatkan kekuatan permukaan lantai. Alat ini banyak digunakan oleh pekerja karena dirasa lebih efisien. Berdasarkan sumber yang kami temukan harga mesin trowel dibandrol antara 5 juta – 6 jutaan.

Prosedur Kerja

Prosedur kerja memiliki peran yang tidak kalah penting. Prosedur kerja berisi tentang peraturan serta tata cara dalam bekerja yang harus di patuhi oleh para pekerja. Perusahaan pun membuat prosedur perusahaan sesuai dan tepat agar kecelakaan kerja pun dapat diminimalisir. Pastinya prosedur kerja ini harus dilaksanakan oleh para pekerja.

Baca juga: Karaktersistik Beton Kolam Renang

Alat Pelindung Diri

Hal terakhir yang harus diperhatikan adalah perlindungan diri. Meskipun prosedur dan peralatan kerja sudah memadai, tetap saja kita harus melindungi diri kita ketika bekerja. Salah satu caranya adalah mempersiapkan alat pelindung diri yang aman dan sesuai dengan Standar Nasional Indonesia. Kewajiban menggunakan alat pelindung diri juga sudah di perjelas di dalam Peratuan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi No. Per.08/Men/VII/2010. Penggunaan alat pelindung diri diharapkan dapat mengurangi resiko kecelakaan kerja serta mampu melindungi diri para pekerja itu sendiri.

Alat Pelindung Diri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top