3 Kesalahan cetak yang umum terjadi

Mencetak bisa dikatakan sebagai salah satu hal yang susah susah gampang. Meskipun begitu, anda harus mempertimbangkan berbagai macam hal sebelum anda produksi cetak misalnya saja cetak id card Jakarta. Jika tidak, maka akan sangat berpengaruh pada hasil cetakan yang anda buat.

Kesalahan Yang Sering Terjadi Dalam Cetak 

Namun sayangnya, ternyata masih ada banyak orang yang melakukan beberapa kesalahan dalam mencetak sehingga hasilnya menjadi kurang maksimal dan jelek. Lalu kesalahan apa saja yang sering dibuat saat melakukan pencetakan? Yuk simak penjelasan berikut ini ya. 

1. Buat Format Artwork Jadi RGB

Format RGB tidak hanya cicik untuk digunakan pada layar monitor saja. Sedangkan dalam industri percetakan memiliki standar warna tersendiri yaitu CMYK. Keempat warna tersebut digunakan untuk menghasilkan warna-warna lainnya. Apabila salah satu dalam menggunakan warna maka hasil yang akan dikeluarkan juga menjadi warna-warna yang aneh juga.

2. Tidak Menggunakan Warna Rich Black dan Pure Black dengan Proporsional

Rich black merupakan sebuah warna hitam dari beberapa campuran warna yaitu Cyan, Magenta, Yellow dan Black. Pada layar monitor, Rich Black akan terlihat indah dan menjadi pekat. Sedangkan Pure Black adalah warna yang terdiri dari 100% black dan Cyan Magenta Yellow 0%

Banyak orang yang salah menggunakan komposisi  warna ini sehingga tulisanya menjadi kurang tajam dan kurang jelas. Sebaiknya anda menggunakan Rich Black sebagai objek berwarna hitam supaya tulisan menjadi lebih jelas.

3. Lupa Meng-embed Font 

Biasanya orang percetakan sering uring-uringan apabila menerima order cetak yang minta cepat dikerjakan oleh para pembeli orderan ya atau mereka tidak menyertakan font yang digunakan dalam publikasinya. Problem klasik ini yang sering terjadi seperti ini adalah Missing font, di mana anda membuat sebuah desai menggunakan program komputer dan menggunakan beberapa font aneh dan unik. Saking asyiknya bekerja sehingga anda lupa untuk mengonversikan font atau jenis huruf sehingga tulisan nampak tidak rapi.

Nah, itu tadi beberapa kesalahan yang sering dilakukan dalam mencetak. Sebaiknya anda harus lebih teliti sebelum melakukan pencetakan supaya hasilnya bagus dan seimbang. Jika anda membutuhkan percetakan kartu identitas yang berkualitas, maka pilihlah agen cetak id card Jakarta. Di sini, pelayanannya semagat bagus di mana siap memberikan hasil cetakan yang sesuai dengan keinginan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top