• Home
  • /
  • JASA
  • /
  • 4 Alasan Mengapa Backlink Sangat Penting bagi Website Anda

4 Alasan Mengapa Backlink Sangat Penting bagi Website Anda

4 Alasan Mengapa Backlink Sangat Penting

Jika Anda memiliki website yang ingin dioptimasi agar trafik pengunjungnya semakin banyak, salah satu hal yang bisa Anda lakukan adalah dengan memperbanyak backlink. Apa itu Backlink? Secara sederhana, backlink atau istilah lainnya external link merupakan sebuah link yang dipasang pada suatu website dan mengarah ke halaman website Anda. Untuk menjalankan teknik backlink, harus ada pemberi backlink yang meletakan link website Anda di halaman website miliknya sehingga Anda mendapat pengaruh baik seperti meningkatnya trafik. Karena pentingnya backlink untuk website, Anda harus membuat konten yang berkualitas seperti artikel yang lengkap dan solutif agar banyak mendapat link dari luar.

Pentingnya Backlink untuk Website yang Sedang Anda Kelola

4 Alasan Mengapa Backlink Sangat Penting

Selain fokus pada konten yang disediakan, seorang pemilik website harus dapat mengoptimalkan website yang ia kelola agar mendapat peringkat atas penelusuran Google. Salah satu teknik optimasi yang dapat digunakan adalah memperbanyak backlink. Berikut setidaknya 4 alasan pentingnya backlink untuk website sehingga perlu Anda pelajari:

1. Membantu Google Menemukan Website Anda

Alasan pertama di balik pentingnya backlink untuk website adalah karena dapat membantu Google menemukan website yang Anda kelola. Google selalu mencari halaman website yang berhubungan dengan suatu kata kunci, lalu memasukkan ke dalam indeks Google. Proses tersebut digambarkan seperti halnya manusia yang memakai peta dengan tujuan menemukan lokasi baru. Pada Google, yang berfungsi sebagai peta adalah backlink.

Gambaran lain, ketika Anda ingin menemukan lokasi baru, Anda akan lebih mudah menemukannya jika lokasi tersebut terhubung dengan lokasi lain. Hal tersebut terjadi juga pada halaman website karena semakin banyak backlink yang mengarah pada website Anda, Google akan semakin mudah menemukan halaman website tersebut.

2. Menjaga Reputasi Website Anda

Ketika Anda ingin mencari sebuah kata kunci di mesin pencari Google, Google akan memberikan hasil pencarian terbaik dengan mengarahkannya pada halaman-halaman website populer terlebih dahulu. Hal tersebut tentu menjadi alasan pentingnya backlink untuk websitekarena salah satu indikator suatu halaman website dikategorikan sebagai website populer adalah banyaknya jumlah backlink. Semakin banyak backlink yang mengarah ke website Anda dan backlink tersebut berkualitas, semakin baik pula reputasi website Anda di mata Google.

3. Meningkatkan Kredibilitas Website Anda

Sudah dijelaskan pada poin kedua bahwa pentingnya backlink untuk website adalah menjadi indikator pentingĀ  yang menentukan suatu website masuk ke dalam kategori populer atau tidak. Namun sebenarnya, Google tidak hanya menilai backlink dari jumlah atau kuantitasnya. Google juga menilai berdasarkan relevansi atau website yang menempatkan link website Anda di halaman website miliknya harus berasal dari niche yang relevan. Misalnya, jika Anda mengelola website yang membahas mengenai jasa penulis artikel , Google akan menganggap website Anda kredibel jika mendapat backlink dari website yang memiliki niche tips membuat judul artikel atau semacamnya. Karena jika website yang menaruh link website Anda memiliki niche yang tidak relevan seperti fashion atau furnitur, maka Google akan mempertanyakan kredibilitas website Anda.

4. Mendatangkan Trafik ke Website Anda

Semakin banyak backlink berkualitas yang mengarah ke website Anda, semakin baik pula penilaian Google terhadap website tersebut. Dengan begitu, halaman website Anda memiliki kesempatan yang besar untuk mendapat peringkat atas hasil pencarian sehingga mendatangkan banyak trafik. Apalagi jika website pemberi backlink seperti jasa penulis artikel merupakan website yang memiliki reputasi yang bagus. Trafik yang mengarah ke website tesebut akan mengarah juga ke website Anda sehingga trafik menjadi lebih banyak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top