• Home
  • /
  • JASA
  • /
  • 4 Tips Menulis Artikel Untuk Pemula Agar Masuk Halaman Pertama Pencarian Google!

4 Tips Menulis Artikel Untuk Pemula Agar Masuk Halaman Pertama Pencarian Google!

4 Tips Menulis Artikel

Menulis artikel di blog dan website saat ini tidak hanya sebagai sarana penuangan hobi, namun sudah menjadi keperluan untuk promosi produk, bahkan memperoleh penghasilan. Oleh karena itu, banyak orang berlomba-lomba menjadi jasa penulis artikel SEO friendly agar tulisannya bisa masuk ke halaman pertama pencarian google. Bagi mereka yang masih awam dengan SEO, tentu tulisannya di dalam website tidak muncul pada halaman pertama, bahkan tidak terdeteksi sama sekali.

Tips Membuat Artikel SEO Friendly

Sebagian besar pemula, pasti heran mengapa artikel yang sudah ditulis secara informatif tidak pernah masuk ke pencarian google, sehingga malas untuk meneruskan hobinya. Jika masalah ini juga terjadi  pada anda, maka tidak usah khawatir, karena beberapa tips berikut akan menjadi solusinya, diantaranya

1.Perhatikan Struktur Kepenulisan Artikel  Agar Sesuai Standar

Untuk masuk dalam kriteria artikel yang baik, maka isi tulisan tentu menjadi hal utama yang harus diperhatikan. Dimana artikel yang anda tulis harus unik dan menarik, serta mengandung informasi yang banyak dicari orang. Untuk mempermudah deteksi google pada tujuan artikel, maka anda wajib menentukan keyword utamanya yang kemungkinan akan diketik seseorang pada kolom pencarian google terkait tulisan anda

Selain keyword, susunan paragraf juga harus diperhatikan, karena nantinya tulisan akan dibaca banyak orang maka usahakan tampilannya mudah dibaca. Misalnya dalam satu paragraf hanya terdiri dari 2 atau 3 kata, dan dilanjutkan pada paragraf selanjutnya. Dengan demikian, artikel tidak hanya enak dibaca, namun google juga akan mudah mendeteksi tulisan anda.

2.Optimasi Tampilan Website

Kebanyakan penulis pemula akan sangat bersemangat dalam menulis artikel, serta mengelola website atau blog pribadinya. Hal ini membuat mereka sangat menggebu-gebu dalam membuat tampilan web agar terlihat indah. Padahal untuk membuat desain yang mudah terdeteksi google, website  harus ringan saat dibuka, sehingga bagi mereka yang mencari informasi di website anda, tidak malas menunggu loading yang lama akibat tampilannya yang terlalu berat.

Selain desain yang ringan pastikan gambar yang diposting memiliki resolusi yang tidak terlalu tinggi agar proses loading tidak lama. Gambar yang dipunggah juga harus menggunakan nama file yang sesuai dengan tema artikel atau fokus keyword yang dibidik, sehingga goggle akan mudah menyesuaikan gambar dengan artikel anda.

3.Panjang Tulisan Harus Sesuai Standar

Panjang artikel ternyata juga mempengaruhi tingginya pembaca tulisan anda dengan beberapa kriteria tertentu. Misalnya, pada artikel yang bertujuan untuk memberikan informasi, maka panjangnya minimal 1000 kata.

Sementara itu jika tujuannya untuk mendapatkan feedback atau komentar dari pembaca, seperti jenis artikel untuk promosi produk, maka panjang artikel 300 hingga 500 kata sudah cukup. Hal yang perl diingat adalah, semakin panjang artikel yang anda tulis, maka semakin banyak pula keyword yang tersebar dalam artikel, sehingga sinyal yang dikirimkan pada google juga lebih kuat.

4.Posting Artikel Secara Rutin

Penyakit umum yang sering terjadi pada penulis pemula adalah semangat di awal, namun malas diakhir. Hal ini biasa disebabkan karena mereka tidak telaten menunggu artikelnya masuk dalam deteksi google walaupun sudah menulis sebaik mungkin. Padahal, untuk mendeteksi artikel di seluruh dunia tentu tidak membutuhkan waktu yang cepat, sehingga anda hanya perlu bersabar.

Semakin sering dan konsisten dalam memposting tulisan, maka semakin besar sinyal dari artikel anda masuk dalam mesin pencarian google. Tidak perlu menarget artikel harus diposting setiap hari, namun cukup seminggu sekali namun dilakukan dengan konsisten.

Demikianlah langkah-langkah yang bisa anda terapkan sebagai pemula untuk membuat artikel yang mudah terdeteksi oleh google. Jika 4 tips menulis artikel SEO friendly di atas sudah anda terapkan, namun tulisan tetap tidak terdeteksi oleh google maka perhatikan faktor pendukung dari luar. Mulai dari pengindeksan artikel pada google console, hingga menggunakan beberapa plugin yang bisa menunjang website anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top