Bagaimana Cara Kerja CCTV Wireless?

CCTV merupakan singkatan dari Closed Circuit Television. CCTV bukanlah barang yang asing bagi kebanyakan orang, karena kita sudah sejak lama mengunakannya dalam kehidupan sehari-hari. Biasanya benda ini dipasang di rumah-rumah, perkantoran, hingga tempat-tempat umum, seperti hotel, restoran, bandara, dll. Gunanya adalah untuk menampilkan secara live maupun dalam bentuk record keadaan dimana kamera dipasang. Seiring perkembangan zaman, CCTV kini terdiri dari dua macam, diantaranya yaitu CCTV Analog (Kabel) dan CCTV Wireless (Nirkabel).

Cara Kerja CCTV Wireless

CCTV Analog dan CCTV Wireless

Dilihat dari namanya saja, maka sudah jelas sekali perbedaan mencolok antara CCTV Analog dan CCTV Wireless. CCTV Analog masih menggunakan kabel dalam transmisi data dan masih sering digunakan dalam gedung-gedung perkantoran, yang digunakan untuk pemantauan selama 24 jam. Sedangkan CCTV Wireless kini semakin diminati karena dengannya, kita dapat melakukan pemantauan secara online dimanapun dan kapanpun.

Keunggulan CCTV Wireless Dibanding CCTV Analog

Seiring perkembangan waktu, CCTV Wireles semakin banyak dicari orang. Hal ini dikarenakan beberapa keunggulan yang dimilikinya, diantaranya yaitu.

1. Kualitas Video Resolusi Tinggi

Kualitas video yang dihasilkan CCTV Wireless jauh lebih baik dibandingkan dengan CCTV Analog. Gambar yang dihasilkan tidak pecah ketika dilakukan zoom. Ini sangat menguntungkan terutama ketika rekaman CCTV dibutuhkan dalam mengenali wajah orang mencurigakan maupun pelaku tindak kriminal.

2. Canggih dengan Fitur-fitur Andalan

CCTV Wireless terus berkembang dengan menawarkan fitur-fitur menarik, seperti alarmaccess control, serta pengenalan wajah (face recognition). Bahkan yang terbaru juga ditambahkan fitur penghitungan jumlah kendaraan (vehicle counting) yang sering diandalkan untuk CCTV di jalan raya dan jalan tol. Jadi, tidak mengherankan lagi jika jumlah kendaraan pada masa libur panjang dapat dihitung secara akurat oleh pemerintah.

Cara Kerja CCTV Wireless

Sistem CCTV Wireless atau yang sering juga dikenal dengan CCTV Online pada dasarnya terdiri dari beberapa komponen, yang mencakup beberapa poin berikut.

  • Kamera CCTV Wireless
  • Unit penerima dan pengolahan
  • Monitor, serta
  • Digital Video Recorder (DVR)

CCTV Online akan menangkap gambar video, yang nantinya akan diteruskan melalui gelombang radio dengan spektrum 2,4 GHz atau 5,8 GHz kepada unit penerima. Setelah itu, video tersebut akan diolah dan dikonversi menjadi sebuah video digital. Video digital tersebutlah yang kemudian dapat kita lihat pada monitor pengawas atau perangkat ponsel. Video digital tersebut tentunya bisa juga disimpan pada hardisk DVR.

Berbeda dengan CCTV Analog, CCTV Online dinilai lebih efektif penggunaannya. Ini dikarenakan kemudahan yang ditawarkan. Selain itu, kita juga dapat memantaunya dari jauh melalui ponsel. Bahkan teknologi terkini, CCTV Wireless dapat mendeteksi adanya pergerakan dalam suatu ruangan dan mengirimkan sinyal alarm ke ponsel pengguna. Sangat efektif untuk mencegah terjadinya perampokan dan hal buruk lainnya.

Manfaat Penggunaan CCTV

Secara umum, sejak dulu tujuan dari penggunaan CCTV adalah untuk pemantauan keamanan. Namun tidak hanya itu, beberapa manfaat berikut ini juga akan didapatkan dari teknologi CCTV.

1. Pengawasan

Saat melakukan perjalanan jauh, kita tentu akan merasa lebih tenang jika memasang CCTV di rumah. Tidak hanya sebagai langkah pencegahan tindak kriminal, namun juga bisa digunakan untuk pengawasan terhadap hewan peliharaan.

2. Fleksibel

CCTV Wireless mudah ditempatkan pada sudut-sudut ruangan yang tidak memungkinkan untuk dipasangi CCTV Analog.

3. Akses Secara Online

Selama terhubung dengan internet dan memilik autoritas, maka kamera CCTV dapat kita akses dari lebih dari satu perangkat ponsel.

14 Responses

  1. Hey There. I found your blog using msn. This is a very well written article.
    I’ll make sure to bookmark it and return to read more of
    your useful information. Thanks for the post.
    I’ll definitely return.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top