• Home
  • /
  • PERCETAKAN
  • /
  • Bertahan Dalam Industri Percetakan Dengan 3 Tips Dan Trik Berikut Ini!

Bertahan Dalam Industri Percetakan Dengan 3 Tips Dan Trik Berikut Ini!

Dalam berbagai kesempatan tidak jarang kita mendengar ungkapan bahwa industri percetakan merupakan salah satu bisnis yang menjanjikan serta bisnis yang tidak pernah mati. Bahkan di negara-negara maju, industri percetakan memberikan kontribusi yang besar bagi pemasukan devisa negara. Hal ini didukung pula dengan perhatian pemerintah terhadap kondisi, iklim serta perkembangan industri percetakan.

Namun ketika kita berkaca, sampai saat ini Indonesia masih belum memiliki data yang valid mengenai berapa jumlah percetakan yang ada, standar operasional industri percetakan, kualifikasi, skala industri percetakan serta sumber daya manusia yang dibutuhkan. Meski demikian, pada kenyataannya sering kali kita temukan bisnis percetakan yang berdiri secara mandiri dalam skala kecil. Kebanyakan di antara mereka masih belum melakukan perhitungan yang tepat atas biaya produksi termasuk biaya penyusutan. Sehingga kerap kali bisnis percetakan dalam skala kecil masih kalah dalam persaingan yang kompetitif.

Kendati industri percetakan termasuk ke dalam salah satu bisnis yang tidak pernah mati, namun berbagai persaingan serta tuntutan konsumen bisa menjadi tantangan. Di antaranya adalah kesediaan mencetak dalam jumlah order yang tidak banyak, waktu penerimaan yang tepat serta harga yang murah. Jika tidak bisa ditangani dengan baik, bukan tidak mungkin bisnis percetakanmu pun menjadi mati suri.

3 Tips Dan Trik Mempertahankan Bisnis Percetakan

Untuk bisa bertahan dalam industri percetakan yang semakin sengit berkompetisi, berikut ini telah kami rangkumkan 3 tips dan trik bertahan dalam industri percetakan. Yuk, simak ulasannya!

1. Optimalkan Kecepatan Produksi

Sangat penting bagi kamu untuk menepati janji yang diberikan kepada konsumen. Baik dari segi jumlah, kualitas maupun estimasi waktu yang tepat. Bahkan jika bisa, kamu harus sudah menyelesaikan pesanannya sebelum para klien menagihnya. Hal ini akan menjadi nilai tambah bagi bisnis percetakanmu dan memudahkan kamu dalam membangun reputasi bisnis yang baik.

Tentunya untuk menepati estimasi waktu kamu harus bisa mengoptimalkan kecepatan proses produksi. Kecepatan proses produksi dapat kamu lakukan dengan menganalisis manajemen yang baik. Mulai dari efisiensi kerja mesin, jumlah mesin yang digunakan, kondisi lingkungan serta operator yang handal. Ditambah dengan kerja tim yang baik, maka bukan tidak mungkin kalau setiap pesanan siap bahkan sebelum tenggat waktunya.

2. Pastikan Mutu Dan Kualitas Produksi Selalu Terbaik

Harga murah memang salah satu tawaran yang menggiurkan. Namun bukan berarti kamu harus melayani klien dengan mutu seadanya. Semurah apapun harga yang kamu tawarkan jika kualitas cetakmu di bawah rata-rata maka lama kelamaan pelanggan akan beralih ke yang lain. Untuk itu penting menjaga mutu dan kualitas produksitaliidcard.com selalu dalam kondisi terbaik. Baik untuk pesanan dalam jumlah sedikit maupun dalam jumlah banyak.

Kualitas produk dapat dikatakan baik apabila memenuhi dua kriteria. Yang pertama adalah ketepatan pencetakan. Artinya mulai dari pemasangan pelat cetak, transportasi kertas serta skala tekanan cetak selalu dalam keadaan yang stabil. Sehingga cacat cetak tidak akan terjadi. Sebab apabila satu cetakan saja mulai kacau, maka akan mempengaruhi cetakan selanjutnya. Jika tidak ditangani dengan baik hal ini akan berdampak pada kerugian.

Yang kedua adalah keseragaman dan kestabilan tinta. Hal ini daapat kamu lakukan dengan memastikan rol tinta dalam keadaan yang baik, pori-pori tidak rusak serta posisi rol ke permukaan pelat memiliki perbandingan tekanan yang tepat.

3. Tetapkan Harga Yang Kompetitif

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, dengan melakukan analisis produksi yang tepat kamu bisa mengoptimalkan biaya produksi serta mengurangi tingkat kerugian karena cacat cetak. Apabila dua hal ini telah kamu penuhi maka kamu bisa menetapkan harga yang kompetitif dengan harga pasaran. Sekali lagi, harga murah adalah daya tarik para pelanggan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top