Tips Menjalankan Bisnis Jasa Foto Copy

Walaupun untuk jasa foto copy jakarta dan di kota lainnya sudah terbilang banyak, tetapi banyak konsumen yang masih membutuhkan jasa layanan ini.

Terlepas dari resiko kerugian yang besar dan membutuhkan modal yang banyak, usaha fotokopi nyatanya merupakan peluang bisnis yang memiliki banyak keuntungan jika para pelakunya menjalankan usahanya dengan bijak. 

Meskipun mempunyai beberapa keuntungan, kita juga harus pintar dalam memikirkan strategi yang pas ketika ingin membuka usaha fotokopi, apalagi jika anda adalah seorang pemula.

Menjalankan bisnis fotokopi memang terbilang mudah, tetapi diperlukan modal yang banyak dan persiapan yang matang. Jika tidak, maka kita harus menanggung segala resikonya.

Daripada bingung memikirkan apa saja yang harus disiapkan, bacalah tips di bawah ini yang akan membantumu dalam mengembangkan usaha fotokopi. Yuk kita simak!

7 Tips Menjalankan Usaha Fotocopy

1. Merencanakan bisnis dengan matang

Apabila anda pemula dalam menjalankan bisnis, pastinya anda harus memikirkan matang-matang bisnis yang akan dilakukan, agar tidak terjadi kegagalan dikemudian hari.

Contohnya anda harus menghitung dengan teliti modal yang akan digunakan. Sesuaikanlah peralatan dan perlengkapan dengan modal yang dimiliki.

Selain itu, pikirkan pula pendapatan perbulannya dan estimasi anggaran pengeluarannya. Bila semua sudah dipikirkan secara matang, bisnis yang anda jalankan pastinya akan sukses.

2. Menyiapkan modal

Sebelum menjalankan suatu usaha, pastinya kita harus mempunyai modal apalagi bisnis yang akan dilakukan memerlukan modal yang banyak, salah satunya usaha jasa foto copy.

Modal yang diperlukan tidak untuk menyewa tempat saja, melainkan juga membeli peralatan seperti mesin fotokopi, komputer, dan sebagainya yang harganya tidak sedikit. Untuk membeli mesin fotokopi dengan kualitas standar saja diperlukan biaya yang besar.

Akan tetapi, jika anda mempunyai tempat sendiri untuk mendirikan usaha ini, anda tidak perlu lagi mengeluarkan modal untuk biaya sewa tempat.

3. Membeli peralatan yang berkualitas

Ketika membangun bisnis fotokopi, tentunya anda memerlukan mesin fotokopi dan perlengkapan lainnya, seperti komputer, scanner, printer, dan yang lainnya.

Untuk membeli itu harus memiliki modal yang banyak. Nah, jika memiliki modal sedikit, anda bisa memilih satu buah mesin fotokopi analog yang kualitasnya tidak jauh dengan mesin fotokopi pada umumnya.

4. Memilih lokasi yang strategis

Tips ini sangat penting ketika membangun usaha fotokopi, sebab sangat berpengaruh dengan pemasukan yang kita terima.

Maka dari itu, pilahlah tempat-tempat yang sekiranya strategis dan membutuhkan jasa usaha fotokopi, seperti area perkantoran, area sekolah, atau juga area kampus. Dengan begitu, akan banyak sekali keuntungan yang anda terima.

5. Melakukan cross selling

Jika ingin mendapatkan keuntungan yang lebih, jangan hanya menyediakan layanan fotokopi saja.

Anda juga harus membuka peluang lebih yaitu dengan menyediakan layanan dan menjual barang-barang lain, seperti menjual alat tulis kantor, menerima jasa laminating, jilid, scanning, dan sebagainya.

6. Menjalin relasi

Memiliki banyak relasi merupakan kunci ketika menjalankan bisnis. Memperbanyaklah menjalin relasi dengan pihak lain, seperti pelaku usaha lain, komunitas, atau institusi. Dengan menjalin banyak relasi, dapat menarik banyak pelanggan untuk memakai jasa yang kita punya.

7. Memberikan pelayanan yang memuaskan

Hal ini penting untuk dilakukan, sebab jika kita melayani dengan ramah akan berdampak positif untuk konsumen. Tidak hanya sikap ramah saja yang kita tunjukkan, kita juga harus melayani konsumen dengan tepat dan cepat.

Dengan sikap seperti itu, konsumen akan mempercayakan anda dan terus datang kembali ke tempat usaha anda.

Itu dia tips yang bisa membantumu ketika memulai usaha. Di tengah maraknya jasa foto copy Jakarta dan daerah lainnya bermunculan, jalankanlah usaha anda dengan bijak dan sabar, agar terhindar dari kendala-kendala yang tidak diinginkan. Semoga membantu

7 Responses

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top