• Home
  • /
  • Blog
  • /
  • Ingin Tahu Cara Closing Penjualan Online yang Jitu? Baca Ini!

Ingin Tahu Cara Closing Penjualan Online yang Jitu? Baca Ini!

Istilah closing yang sering kita pahami dalam kehidupan sehari-hari memang berasal dari bahasa Inggris yaitu kata close yang artinya menutup dengan rapat, atau arti lainnya adalah teman dekat. Lain halnya jika istilah closing ini digunakan dalam dunia marketing, artinya akan sangat berbeda. Istilah closing dalam dunia marketing memiliki arti keberhasilan dalam aktifitas kesepakatan dan dilanjutkan dengan transaksi jual beli. 

Bagi seorang penjual, closing merupakan tujuan akhir dari kesepakatan, sehingga penjualan terjadi. Tetapi dalam dunia marketing closing bukanlah akhir dari penjualan, tetapi merupakan persetujuan seseorang, setuju atau mau untuk membeli produk maupun jasa. Sehingga sebagai penjual, closing merupakan jembatan yang penting untuk dapat mengembangkan produk atau jasanya lebih baik lagi.

Cara Closing Penjualan Online yang Ampuh

Dengan keadaan bisnis online yang berkembang dengan pesat, banyak orang akhirnya ikut mencoba peruntungannya berjualan dengan sistem online. Banyak orang akhirnya ramai-ramai membuat sebuah akun di media sosial atau platform tertentu untuk menjual produk atau menawarkan jasa yang dimiliki. Tetapi tahukah anda bahwa cara closing penjualan online memerlukan trik tertentu, maka dari itu mari kita simak bersama trik jitu agar closing terjadi pada penjualan onlinemu.

1. Berikan promo

Tips pertama untuk bisnis anda mula-mula adalah buatlah promo yang menarik bagi pelanggan awal anda. Promo atau diskon akan membuat pelanggan menjadi tertarik untuk membelinya, contohnya berikan promo beli 1 dapat 1, atau berikan diskon 10 persen atau 20 persen untuk semua produk. Sistem promo seperti itu akan sangat menarik pembeli untuk membeli produk di toko online anda, dan nantinya closing-closing dapat terjadi.

2. Buatlah testimoni yang meyakinkan

Cara closing penjualan online selanjutnya adalah dengan membuat testimoni yang membuat pembeli percaya, bahwa toko online anda merupakan toko online yang terpercaya atau bukan toko online abal-abal. Anda dapat menunjukan aktivitas produksi, ataupun visual produk yang sebenarnya, sehingga membuat pembeli akan percaya. Memang bukan hal yang mudah untuk melakukan closing di awal penjualan, tetapi jika anda melakukannya dengan rutin maka pembeli akan melihat sendiri bagaimana performa toko online anda.

3. Menggunakan bantuan iklan di media sosial atau platform jual beli online

Cara untuk melakukan closing selanjutnya yang saat ini sedang populer digunakan adalah dengan meminta bantuan iklan yang ada di media sosial atau di platform jual beli online. Setiap media sosial atau platform jual beli online menawarkan bantuan iklan, sehingga toko online dapat menjangkau pembelinya dengan tepat. Caranya pun tidak tergolong sulit, cukup dengan membayar beberapa rupiah saja, anda dapat menjangkau ribuan pembeli, sehingga target pembeli anda akan mudah menemukan toko online anda, jika sudah begitu closing akan dengan mudah terjadi.

Baca Juga : Jenis Bisnis Untuk Pemula Bermodal Kecil

4. Berkomunikasi dengan baik

Komunikasi yang baik dengan pembeli adalah kunci utama bagaimana closing dapat terjadi dengan cepat. Jika kita melayani pembeli online dengan memberikan informasi yang jelas, dan menjawab setiap pertanyaan yang diajukan pembeli dengan baik, tentu akan membuat pembeli menjadi nyaman. Bila pelayanan yang anda berikan memuaskan, maka pembeli akan merasa nyaman melakukan transaksi dengan anda, sehingga cara berkomunikasi yang baik merupakan strategi closing yang efektif.

Itulah beberapa tips strategi closing yang ampuh dan cobalah mempraktekkannya pada toko online anda. Dijamin anda akan closing dengan cepat. Selamat mencoba!.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top