• Home
  • /
  • INTERIOR
  • /
  • Cara Memasang Lantai Vinyl yang Baik dan Benar

Cara Memasang Lantai Vinyl yang Baik dan Benar

Mau menciptakan suasana baru di lantai rumah Anda? Lantai vinyl murah  bisa menjadi salah satu pilihan, karena punya banyak jenis dan motif yang bisa disesuaikan dengan keinginan Anda.

Bahkan Anda juga bisa memasangnya sendiri tanpa bantuan profesional, asalkan menggunakan cara memasang yang tepat. Hasilnya? Pasti tak kalah rapi dan bersih dibanding ahlinya. Mau coba?

7 Cara Mudah Memasang Lantai Vinyl

Lantai yang sudah trend sejak beberapa tahun lalu ini, semakin berkembang dengan berbagai jenis terbarunya. Kalau dulu kebanyakan berupa lembaran.

Kini sudah ada yang berbentuk tile atau potongan dengan ukuran tertentu, dengan motif keramik. Untungnya secara umum cara memasangnya sama dan super mudah.

1. Siapkan Ruangan

Mulailah dengan mempersiapkan ruangan yang akan Anda pasangi lantai vinyl murah, pindahkan barang yang akan mengganggu proses pemasangan seperti lemari, meja, kursi, dan lainnya.

Kemudian sapu hingga bersih, jangan lupa untuk memastikan permukaan lantai tidak lembab atau berjamur.

Jika berjamur maka sebaiknya beri cairan anti jamur, diamkan hingga kering lalu bersihkan kembali sebelum diberi lapisan lantai vinyl.

2. Dempul Lubang

Jika terdapat beberapa lubang di permukaan lantai, jangan dibiarkan tapi poles dan dempul terlebih dulu hingga semua permukaan lantai rata. Kalau tidak, maka lantai vinyl akan rentan rusak. Jika lantai dasar terbuat dari keramik model lama, ada baiknya ganti terlebih dahulu keramik yang menyebabkan lubang dengan bagian keramik dengan ketebalan yang sama.

3. Ukur Ruangan

Pastikan ukuran ruangan sebelum memasang sehingga posisi lantai vinyl benar-benar pas, tidak kurang atau berlebih. Apalagi jika Anda memilih lantai vinyl jenis tile yang bentuknya sudah seperti keramik, kalau ukurannya salah tentu akan ada bagian lantai yang tidak tertutup. Atau bisa saja terdapat vinyl tile yang berlebih, sehingga lantai tidak terlihat proporsional.

Begitu juga ketika Anda memilih jenis roll bermotif, tentu harus disesuaikan ukuran dengan pemilihan bagian lantai vinyl yang akan ditempatkan nantinya. Salah ukuran akan berakibat fatal pada keindahan lantai Anda.

4. Pastikan Posisi

Sebelum menempatkan lantai vinyl, Anda harus memastikan posisi yang tepat pada proses perekatannya nanti. Misalnya Anda pilih produk jual lantai vinyl murah tile dengan motif keramik vintage, perlu dipastikan posisi masing-masing tile tersebut sebelum memberikan lem dan merekatkannya.

Sama halnya saat memilih jenis lembaran atau karpet, juga perlu ditentukan posisinya agar motif yang tampil benar-benar bisa menambah keindahan ruangan dan memberikan nuansa baru. Jika salah posisi tentu membuat letak furniture dan ruangan tidak akan serasi dengan vinyl Anda.

5. Pemasangan Lem

Gunakan lem dengan cara melapisi bagian bawah lantai vinyl terlebih dahulu, begitu juga bagian permukaan lantai dasar. Gunakan kuas untuk memastikan lem menempel sempurna dan merata, kemudian diamkan beberapa menit hingga uap dari lem tidak terlalu banyak. Sebab hal itu akan menyebabkan timbul gelembung saat direkatkan.

6. Aplikasikan Lantai Baru

Rekatkan bagian bawah lantai vinyl pada permukaan lantai dasar, kemudian tekan dengan kuat agar lem merekat sempurna. Jika dibutuhkan gunakan benda berat dengan bagian bawah rata, untuk menambah tekanan. Lakukan pada setiap bagian lantai yang ditempel, jangan sampai ada yang terlewatkan.

7. Biarkan Ruangan

Setelah proses perekatan selesai Anda bisa membiarkan ruangan kosong tanpa beban diatasnya terlebih dahulu selama beberapa menit, sebelum menempatkan kembali furniture di atasnya.

Itulah proses pemasangan lantai vinyl murah maupun mahal, yang sudah Anda pilih untuk ruangan di rumah atau kantor. Memasangnya sendiri ternyata sangat mudah bukan? Ayo coba lakukan sekarang, dan lihat bagaimana lantai baru Anda memberi nuansa beda yang lebih memukau.

46 Responses

  1. You actually make it seem so easy with your presentation but I find this topic to be really something that I think I would never understand.
    It seems too complex and extremely broad
    for me. I’m looking forward for your next post, I will try to get the hang of it!

  2. I used to be suggested this blog through my cousin. I am no longer
    positive whether this publish is written by him as no
    one else recognise such special approximately my problem.
    You’re wonderful! Thanks!

  3. Nice post. I was checking continuously this weblog
    and I’m impressed! Very helpful information particularly the ultimate part 🙂 I deal
    with such info much. I used to be looking for this certain info for a very lengthy time.
    Thanks and good luck.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top