Cara Merawat Tali Id Card

Zaman yang sudah semakin berkembang dan laju pertumbuhan penduduk yang kian hari kian bertambah, sangat perlu bagi seseorang untuk mengenal satu sama lainnya. Tujuannya agar mempermudah aktivitas yang dilakukan manusia itu sendiri, contohnya pada suatu pekerjaan.

Cara Merawat Tali Id Card

Salah satu cara yang kini hadir adalah dengan adanya id card. Perlu diketahui bahwa id card atau kartu identitas merupakan komponen terpenting yang harus ada pada suatu kelompok tertentu. Misalnya orang-orang yang ada pada suatu perusahaan ataupun yang bergerak di bidang tertentu, seperti kepanitiaan suatu acara dan lain sebagainya. Tentunya sangat memerlukan id card agar bisa mengenal identitas dan jabatan masing-masing serta membuat efektif pekerjaan yang sedang dilakukan.

Id card terkadang ditempelkan di bagian tubuh yang bisa dilihat orang banyak seperti di dada pengguna. Alat penempelnyapun bermacam-macam. Misalnya peniti ataupun dengan tali yang digantungkan di leher penggunanya. Namun terkadang, tali pada id card seringkali mengalami kerusakan. Untuk itulah, perlu adanya perawatan agar tali bisa tahan dalam jangka waktu yang lama.

Beberapa cara Merawat Tali Id Card

Ada berbagai cara dalam merawat tali id card yang bisa anda gunakan tanpa harus mengeluarkan biaya yang cukup mahal. Caranya cukup simpel, tapi memberikan hasil yang luar biasa. Berikut beberapa caranya:

1. Mencuci Tali yang Kotor

Tali id card yang sudah lama terkena debu dan kotoran akan cepat kusam dan warnanya akan memudar. Jika hal tersebut terjadi, anda bisa mencucinya. Namun, pastikan tali id card benar-benar dalam keadaan yang sangat kotor. Adapun caranya, yaitu:

2. Merendam dengan Air Hangat

Tali id card terbuat dari serat-serat kain yang mana untuk membuka pori-porinya harus direndam dengan air hangat. Tujuan dari perendaman, agar berbagai kotoran dan noda yang menempel terlalu lama, bisa terangkat dengan mudah. Namun, tetap perhatikan suhu air hangatnya, jangan terlalu  panas. Jika terlalu panas, dikhawatirkan akan merusak serat kain pada tali.

3. Hindari Penggunaan Detergen

Inilah cara merawat tali id card yang mudah lainnya. penggunaan detergen yang belebihan justru akan berdampak pada kualitas serat kain. Busa yang dihasilkan detergen juga akan membuat warna tali memudar. Jadi sebaiknya, jika dirasa terlalu kotor, gunakan shampo atau sabun mandi yang kandungannya tidak terlalu kuat seperti detergen tapi tetap berfungsi untuk mengangkat noda.

4. Kucek Secara Perlahan

Anda tidak perlu mengucek tali secara keras. Hal ini dikhawatirkan akan merusak kain pada tali.

5. Jemur di Tempat yang Teduh

Jemur tali di tempat yang teduh dan jauhkan pada sinar matahari secara langsung untuk menghindari pemudaran pada warna tali.

6. Jauhkan dari Debu

Untuk proses penyimpanan setelah digunakan, tempatkan tali pada ruang penyimpanan yang aman dan jauh dari debu. Misalnya di dalam lemari atau di laci. Usahakan tangan anda tidak kotor dan berminyak ketika memegangnya untuk menghindari jamur ataupun debu yang menempel pada tali.

7. Menyetrikanya

Cara merawat tali id card terakhir adalah jika tali sudah mulai terlihat kusut atau lecek, anda bisa menyetrika tali agar terlihat rapi kembali. Usahakan tetap kondisikan suhu setrika pada keadaan rendah atau tidak terlalu panas, karena suhu yang panas akan merusak bahan yang terdapat pada tali.

Itulah beberapa cara agar tali id card anda tetap tahan dari kerusakan dalam jangka waktu yang lama. Hal terpenting dari semua ini adalah bagaimana anda tetap konsisten dalam merawat, serta berhati-hati dalam menggunakan tali id card yang sedang digunakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top