• Home
  • /
  • RENTAL
  • /
  • Cegah Lantai Vinyl Sobek dengan Lakukan Tips Ini

Cegah Lantai Vinyl Sobek dengan Lakukan Tips Ini

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mempercantik dekorasi rumah. Salah satunya dengan cara memasang lapisan vinyl pada lantai sehingga terkesan lebih menarik dan nyaman. Ada beberapa jenis lantai vinyl yang bisa digunakan, yaitu vinyl plank, vinyl roll, dan vinyl tile. Pemilihan ketiga jenis vinyl tersebut bergantung pada kebutuhan, selera, danĀ budget. Tapi, yang lebih penting untuk diperhatikan saat kamu hendak memasang lantai vinyl adalah bagaimana cara mencegah agar lantai vinyl tidak sobek. Sebab bahan vinyl rawan sobek, dan untuk menggantinya diperlukan biaya yang tidak sedikit.

Lantai Vinyl Sobek

5 Tips untuk Mencegah Lantai Vinyl Sobek

Lantai vinyl banyak digunakan karena bahannya tahan lama dan menambah estetika pada lantai. Namun sayangnya, lantai vinyl masih rentan sobek, terutama jika penggunaannya tidak dilakukan secara hati-hati. Nah, jika kamu berminat untuk memberi lapisan vinyl pada lantai, pastikan kamu mengetahui tips apa saja yang dapat dilakukan untuk mencegah lantai vinyl sobek. Ya seperti kata pepatah, lebih baik mencegah daripada mengobati. Yuk, simak 5 tips cegah lantai vinyl sobek berikut ini!

1. Hindarkan Dari Benda Tajam

Pada dasarnya bahan vinyl memiliki karakteristik tahan lama. Hanya saja, jika lantai vinyl terkena benda tajam, maka tidak menutup kemungkinan lantai vinyl akan menjadi sobek. Oleh karena itu, hindarkan lantai vinyl dari benda-benda tajam secara langsung seperti pisau, parang, atau ujung paku. Sekali kena benda tajam, lantai vinyl bisa sobek atau berlubang. Untuk membenahinya tidak bisa dilakukan secara parsial, melainkan harus mengganti semua bagian lantai vinyl. Makanya, biaya yang dibutuhkan lebih besar jika terjadi kerusakan.

2. Jangan Menaruh Beban Terlalu Berat

Lantai vinyl juga bisa sobek karena diberi beban terlalu berat di permukaannya. Benda-benda berat yang berisiko merusak lantai vinyl seperti tumpukan besi, sparepart mobil, atau benda lainnya yang memiliki daya tekan tinggi. Kalau memang mau menaruh benda berat, sebaiknya jangan di atas lantai vinyl. Carilah space lain yang tidak dilapisi lantai vinyl sehingga tidak menimbulkan risiko apapun. 

3. Jauhkan dari Jangkaun Api

Lantai vinyl terbuat dari kayu solid atau olahan serpihan kayu. Bisa juga berbahan tile seperti yang terdapat pada lantai vinyl tile. Bahan-bahan tersebut sangat mudah terbakar. Jadi, jauhkan lantai vinyl dari jangkauan api. Hindari merokok di atas lantai kalau kamu tidak ingin lantai vinyl sobek akibat terkena percikan api. Saat menggunakan lilin, jangan ditaruh di lantai. Tapi, letakkanlah lilin di atas meja makan atau barang lainnya yang lebih aman dan tidak beririsko bagi lantai vinyl.

4. Waspada Cakaran Hewan Peliharaan

Kuku hewan peliharaan seperrti kucing dan anjing sangat tajam. Ujung tajam itu bisa membuat lantai vinyl sobek dan akhirnya terpaksa harus diganti. Sebisa mungkin taruh hewan peliharaan di tempat lain yang aman. Atau bila kamu bisa, latihlah hewan peliharaan agar tidak suka menyakar lantai. Sebab dengan cakaran yang kuat saja lantai vinyl bisa tergores dan lama-lama mengalami kesobekan. 

5. Jangan Sampai Terkena Gesekan Terlalu Keras

Pastikan tidak terjadi gesekan yang terlalu keras dari benda-benda yang ada di atas lantai. Kadang-kadang secara tidak disadari kamu menggeser benda seperti kulkas dan meja terlalu keras. Geseran itu bisa menimbulkan gesekan yang berpotensi menyobek lantai vinyl. Jadi, berhati-hatilah saat ingin memindahkan barang di rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top