• Home
  • /
  • TIPS DAN TRIK
  • /
  • Ini Dia Jenis-jenis Bahan Pembuatan Rambu Yang Ada Di Sekitar Kita

Ini Dia Jenis-jenis Bahan Pembuatan Rambu Yang Ada Di Sekitar Kita

Rambu adalah sebuah tanda pengaman yang memang biasanya ada di banyak tempat, di mulai dari jalan, gedung, hingga pagar rumah. Rambu ini sendiri biasanya ditujukan sebagai penunjuk arah, larangan ataupun sebagai himbauan agar masyarakat tetap dalam kondisi tertib dan juga teratur. Dalam pembuatan rambu sendiri biasanya akan menggunakan bahan yang memang sudah distandarisasi sesuai dengan peraturan dan kebutuhan, di mana bertujuan agar dapat dengan mudah dilihat oleh masyarakat. Bahan-bahan yang digunakan sendiri biasanya disesuaikan dengan kondisi tempat seperti lokasinya, karena penggunaan untuk indoor dan outdoor sangatlah berbeda. Tentu ini juga berlaku pada tanda dilarang merokok yang biasanya dipasang di dalam ruangan ataupun luar ruangan.

Jenis-jenis Bahan Pembuatan Rambu

Bahan Yang Digunakan Dalam Pembuatan Rambu

Untuk membuat sebuah rambu sendiri, biasanya memang membutuhkan bahan khusus agar dapat mudah dikenali atau dibaca oleh masyarakat. Berikut ini adalah beberapa bahan yang digunakan dalam pembuatan rambu :

1. Reflektif

Bahan stiker jenis ini sendiri merupakan bahan yang akan dapat memantulkan cahaya dengan sangat baik, di mana sangat baik saat diletakan untuk tanda pada malam hari. Rambu lalu lintas biasanya menggunakan bahan sticker reflektif ini agar dapat terlihat jelas di jalan dan memudahkan pengendara untuk mematuhi peraturan yang ada. Contoh dari bahan ini sendiri adalah Kiwalite SG, Kiwalite EG, 3M 610.

2. Vinyl (Non Reflektif)

Vinyl merupakan salah satu bahan pembuat rambu yang penggunaannya sendiri biasa pada indoor ataupun outdoor, mengingat bahan ini sangat kuat dan dapat tahan menghadapi berbagai jenis cuaca serta anti air dan panas. Namun, sangat disarankan untuk penggunaan pada indoor karena bahan ini tidak memantulkan cahaya sehingga tidak akan jelas jika diletakan di luar ruangan. Bahan ini sendiri biasanya akan digunakan untuk keperluan periklanan ataupun digital printing.

3. Luminous

Bahan yang lebih dikenal sebagai bahan glow in the dark ini sendiri sering kali digunakan pada indoor, di mana bahan ini akan berpendar atau bercahaya ketika dalam keadaan gelap. Bahan ini sendiri akan menyerap cahaya pada saat sedang terang dan akan bercahaya jika memang keadaan sedang gelap. Biasanya bahan ini akan digunakan sebagai rambu exit atau evakuasi, rambu pemadam kebakaran, tanda untuk dilarang merokok dan juga peralatan darurat.

Itu adalah beberapa bahan yang biasanya digunakan dalam pembuatan bahan rambu-rambu yang ada di sekitar kita, di mana tentu saja setiap bahan akan mendukung fungsi yang harus dapat memudahkan masyarakat untuk melihat dan membacanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top