Inilah Fungsi Adanya Tirai Jendela di Rumah

Ffungsi Tirai Jendela

Setiap orang pasti ingin mempunyai hunian yang nyaman. Perabotan dan aksesoris ikut mengambil andil dalam menentukan kenyamanan tempat tinggal. Oleh sebab itu, kita juga perlu memikirkan desain interior rumah. Meski hanya sederhana, tetapi tetap nyaman, baik untuk diri sendiri maupun orang lain. Jangan terlalu malas untuk memikirkan peletakan perabotan atau aksesoris rumah, seperti sofa, meja, karpet, hingga gorden jendela. Kombinasi warna tembok, perabotan, dan aksesoris rumah dapat pula meningkatkan keindahan rumah.

3 Fungsi Memasang Tirai di Rumah

Setiap jendela biasanya akan dipasangi tirai atau gorden. Jarang sekali jendela yang tidak dipasangi gorden. Pada zaman dulu, wujud gorden jendela sangatlah sederhana. Hanya terbuat dari kain sederhana dan untuk menutupi bagian bawah saja. Sementara jendela bagian atas dibiarkan terbuka agar sinar matahari tetap masuk ke dalam rumah. Namun sekarang, berbagai macam gorden diproduksi, mulai dari bahan yang tipis agar sinar matahari tetap bisa menembus gorden, hingga yang sangat tebal dan berat.

Fungsi utama gorden adalah untuk menutup jendela. Terutama jika kita ingin menjaga privasi, baik di malam maupun siang hari. Gorden digunakan untuk menjaga aktivitas pemilik rumah supaya tidak mudah diamati dari luar.

Selain digunakan untuk menutup jendela serta aktivitas di dalamnya, berikut ini adalah fungsi memasang gorden jendela:

1. Sebagai Nilai Estetik

Seperti yang telah disebutkan di atas, aksesoris rumah mempengaruhi keindahan desain interior. Termasuk adanya tirai jendela. Pemilihan warna, model, dan bahan yang tepat akan menambah estetik ruangan tersebut. Gorden tidak harus mahal untuk menciptakan kesan yang menarik. Cukup sesuaikan dengan warna perabotan dan tembok ruangan tersebut.

2. Menjaga Privasi

Jendela yang tertutup gorden akan membantu menjaga privasi pemilik rumah tersebut. Melihat pemandangan dari jendela memang menyenangkan, tetapi kita tidak bisa membiarkan jendela terus-terusan terbuka. Jika tidak ditutupi dengan gorden, orang lain bisa mengamati isi rumah kita dengan mudah. Dikhawatirkan jika terjadi tindakan kriminal, seperti pencurian atau perampokan. Oleh sebab itu, penting sekali memasang tirai jendela di rumah kita.

3. Mengatur Kualitas dan Kuantitas Cahaya

Cahaya yang dimaksud tidak hanya cahaya matahari, tetapi juga cahaya lampu di malam hari. Apalagi ketika melakukan aktivitas di dekat jendela. Jika cahaya matahari terlalu terang, kita bisa menguranginya dengan menutup gorden. Begitu pula di malam hari, saat cahaya lampu di luar rumah terlalu terang hingga mampu menembus jendela, kita bisa menghalanginya dengan gorden.

Itulah 3 fungsi keberadaan tirai di rumah. Usahakan untuk memasang tirai demi kenyamanan dan keamanan anggota keluarga di rumah. Agar tetap nyaman dipandang, gunakan warna atau motif gorden yang sesuai dengan warna ruangan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top