Jenis-jenis Kertas yang Umum Digunakan di Percetakan

Sekarang ini bisnis percetakan tumbuh dengan sangat pesat. Hampir di manapun ada penyedia jasa percetakan, bahkan di kota-kota kecil sekalipun. Itu membuktikan bahwa kebutuhan cetak-mencetak dari masyarakat sangat besar, baik untuk kebutuhan individu, perusahaan atau instansi, dan sebagai barang jualan dengan skala grosir.

Nah, berbicara tentang percetakan, apakah kamu sudah tahu jenis kertas percetakan tali lanyard apa saja yang sering digunakan oleh pelanggan? Buat kamu yang ingin merintis bisnis percetakan, kamu wajib tahu beberapa jenis kertas yang umum dipakai di dunia percetakan.

Ini 5 Jenis Kertas yang Populer di Percetakan

Tidak semua hasil percetakan bisa menggunakan satu jenis kertas saja. Makanya, di dalam dunia percetakan itu dikenal ada beberapa jenis kertas. Setidaknya ada 5 jenis kertas percetakan yang perlu kamu ketahui kalau ingin membuka bisnis percetakan agar dapat melayani kebutuhan konsumen dengan baik. Simak ulasan berikut ini!

1. Art Paper

Kertas art paper banyak dibutuhkan oleh pelanggan untuk mencetak, misalnya, brosur, poster, dan flyer. Salah satu karakteristik yang khas dari kertas jenis ini adalah permukaannya yang licin dan menimbulkan efek glossy. Karena karakteristiknya itu, kertas ini tidak bisa digunakan untuk menulis menggunakan tangan biasa, karena daya serapnya terhadap tinta yang rendah. Satu-satunya cara agar kertas ini berguna ya dengan melalui proses percetakan. Ada beberapa pilihan gramasi, di antaranya 85 gram, 100 gram, 115 gram, 120 gram, dan 150 gram.

2. Art Carton

Mungkin sekilas kamu akan berpikir apa perbedaan antara art paper dan art carton karena keduanya sama-sama diawali dengan kata “art”. Oke, yang perlu dipahami terlebih dahulu bahwa kedua kertas tersebut memiliki ciri yang nyaris sama. Sampai-sampai banyak orang yang masih belum bisa membedakan keduanya.

Tapi ada satu yang menjadi pembeda signifikan antara kedua jenis kertas itu, yaitu ketebalannya. Art carton mempunyai ketebalan yang lebih besar. Gramasinya mulai dari 190 gram hingga 400 gram. Kertas ini digunakan untuk mencetak kartu nama, map, sampul buku, dan lain sebagainya.

3. Kertas Ivory

Kertas ivory dikenal karena memiliki ketebalan dan daya tahan yang baik. Satu hal yang menjadi ciri khas dari kertas ini adalah kedua permukaannya memiliki tekstur yang berbeda. Di satu sisi kertas ivovy memiliki permukaan yang halus dan mengkilau. Sedangkan di sisi yang lain permukannya cenderung redup. Kegunaan dari kertas jenis ini banyak dipakai untuk membuat paper bag, kemasan makanan atau obat-obatan, dan bungkus produk kosmetik. 

4. Kertas Dupleks

Kamu pasti pernah mendapatkan makanan yang dibungkus dengan kotak nasi berwarna putih. Nah, kertas yang digunakan sebagai bahan pembungkus nasi itu namanya kertas dupleks. Kertas ini memiliki dua permukaan yang berbeda, yaitu bagian atasnya berwarna putih dan bagian lainnya berwarna abu-abu. Yang ditaruh di bagian luar adalah yang berwarna putih, sedangkan yang abu-abu di dalam. Ketebalan kertas dupleks bervariasi mulai dari 250 gram hingga 500 gram.

5. Kertas HVS

Kalau kertas yang satu ini sudah sangat lazim dipakai untuk mencetak berbagai berkas. Bukan hanya dipakai di bisnis percetakan skala besar, kertas HVS juga banyak dimanfaatkan oelh perorangan untuk print berkas sendiri di rumah dan sebagai kertas fotokopi. Berat kertas ini beragam bergantung kebutuhan, mulai dari 60 gram, 70 gram, sampai 100 gram.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top