• Home
  • /
  • TIPS DAN TRIK
  • /
  • Kamu Baru Memiliki SIM? Pelajari Dulu Etika Mengemudi Sebelum Kamu Turun Ke Jalan Raya Berikut Ini!

Kamu Baru Memiliki SIM? Pelajari Dulu Etika Mengemudi Sebelum Kamu Turun Ke Jalan Raya Berikut Ini!

Kamu Baru Memiliki SIM? Pelajari Dulu Etika Mengemudi Sebelum Kamu Turun Ke Jalan Raya Berikut Ini!

Gosign.co.id – Berkendara di jalan raya pasti membutuhkan konsentrasi tinggi dan tidak boleh asal-asalan, pengendara yang tidak sesuai aturan tentu akan membahayakan nyawa orang lain. banyak sekali kasus kecelakaan lalu lintas akibat kecerobohan dan kebodohan pengguna jalan yang semauya sendiri. Untuk kamu yang baru saja memiliki SIM atau Surat Izin Mengemudi, alangkah baiknya jika lebih meningkatkan kewaspadaan dengan cara memperhatikan setiap rambu yang tertera di jalan raya. Ada banyak rambu yang harus kamu perhatikan secara khusus, seperti batas kecepatan, tanda dilarang merokok, rambu penyempitan jalan dan masih banyak lainnya.

Etika Yang Harus Kamu Terapkan Agar Tidak Merugikan Pengendara Lain

Selain membutuhkan konsentrasi, hal lain yang perlu kamu perhatikan adalah etika yang tepat ketika sedang berada di jalan raya. Jangan sampai karena merasa sudah memiliki SIM kamu jadi seenaknya dan menganggu pengguna jalan yang lain. Mengendarai kendaraan dengan kecepatan yang wajar adalah hal pertama yang harus kamu perhatikan. Sesuaikan kecepatan kendaraanmu dengan kondisi di jalan raya, jangan terlalu ngebut di jalanan macet dan jangan terlalu lambat. Laju kendaraan yang terlalu lambat juga bisa membuat pengguna jalan lain terganggu, terutama jika di depanmu kosong tak ada kendaraan lain.

Etika selanjutnya yang tak kalah penting saat kamu mengemudi kendaraan di jalan raya adalah tidak merokok!. Saat ini sudah ada ketentuan hukum yang mengatur bahwa setiap pengendara di jalan raya dilarang merokok, apabila nekat melanggar siap-siap terkena denda ratusan ribu rupiah. Walaupun terdengar sepele tetapi kebiasaan merokok di jalan raya, apalagi saat lampu merah benar-benar sangat mengganggu. Asap dari rokok tersebut bisa menyebabkan sesak nafas dan mata perih apalagi ditambah asap dari kendaraan yang berada di sekitar. Seringkali pengendara lain menjadi hilang fokus karena merasa terganggu dari asap rokok dan akhirnya menimbulkan kecelakaan.

Saat ini berbagai macam rambu-rambu yang menggambarkan tanda dilarang merokok sudah banyak dijumpai di jalanan. Hal ini artinya untuk semua pengguna jalan, jika ingin merokok segera lah cari ruang terbuka khusus yang memang diberikan untukĀ  para perokok agar tidak mengganggu pengguna jalan di sekitarnya. Selain itu, ada lagi nih etika lain yang harus kamu terapkan ketika sedang berkendara yakni menjaga tutur kata terutama saat dilanda kemacetan.

Sama seperti peraturan dilarang merokok, ketika berada di jalan kamu juga wajib menjaga tutur kata ya. Jangan sampai kamu mengeluarkan kata-kata hinaan yang bisa memicu perkelahian di jalan, kamu juga harus menjaga etika ketika sedang berbicara dengan temanmu di jalan. Hindari kata-kata yang bisa merusak konsentrasi pengguna jalan lain, selamat mencoba!.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top