• Home
  • /
  • KONSTRUKSI
  • /
  • Kelebihan dan Kekurangan Dinding Yang Terbuat Dari Bata Merah

Kelebihan dan Kekurangan Dinding Yang Terbuat Dari Bata Merah

Bata merah digunakan sebagai material utama dinding rumah. Pemilihan bata merah biasanya dikarenakan kekuatan dan efek yang akan ditimbulkan. Desain sederhana menjadi salah satu keunggulan dari batako jenis ini. Sebenarnya banyak jenis material dinding yang dapat digunakan tergantung dari minat dan rasa cocok masing-masing individu. Salah satu yang jelas adalah efek retak dan rembes yang bisa dihasilkan pada dinding.

Solusi yang dapat dilakukan adalah menggunakan jasa waterproofing. Nah, untuk dinding yang menggunakan bata merah biasanya menggunakan waterproofing membrane bakar. Cara ini dilakukan agar tembok lebih kering dan mengeras karena bahan dasar bata merah adalah tanah liat. Tanah liat ini akan mengeras pada saat dipanaskan. Selain retak atau rembes, terdapat beberapa perbedaan antara bata merah dan bata lain. Berikut ini akan dijelaskan kelebihan dan kekurangan bata merah.

Kelebihan Bata Merah

Bata merah memiliki kelebihan dari segi penyusunan. Bata merah berbeda dengan bata press yang memiliki ruang ditengah. Bata merah berbentuk kotak tanpa lubang sehingga mudah untuk disusun dan disatukan. Tidak perlu keahlian khusus seperti pada pemasangan bata jenis press yang terbuat dari campuran pasir dan semen.

Bata merah memiliki ukuran yang lebih kecil jika dibandingkan dengan jenis material lain. Ukuran yang tidak terlalu besar memungkinkan pekerja untuk membawa bata jenis ini. Bata merah dapat diangkut menggunakan peralatan khusus seperti gerobak atau bisa menggunakan tangan kosong. Selain memudahkan pekerja saat mengangkut, bata merah juga dapat digunakan untuk membuat bangunan yang tidak terlalu besar atau pada tempat yang sempit.

Kekurangan Bata Merah

Bata merah biasanya dibuat secara manual dan mesin seadanya. Bahan dasar bata ini terbuat dari tanah liat sehingga mempengaruhi keseragaman bentuk. Bentuk yang tidak kembar identik membuat pekerja kesulitan dalam hal pemasangan. Kesulitan untuk memasang dengan rapi sebuah bangunan yang menggunakan bata merah. selain itu, ukuran bata merah yang kecil membuat waktu pemasangan semakin Panjang. Butuh ketelitian dan kehati-hatian ketika melakukan pemasangan.

Materi pembuat bata merah terbuat dari tanah liat yang dipanaskan. Tanah liat mampu merespon atau menyerap perubahan suhu dengan baik. Hal ini membuat suhu dalam ruangan selalu berubah-ubah sesuai suhu udara disekitar lingkungan rumah. Apabila cuaca panas maka suasana rumah terasa hangat dan pada saat suasana sekitar rumah dingin maka suasana didalam rumah juga menjadi dingin.

Setiap benda memiliki kelebihan dan kelemahan masing-masing. Cara untuk mencegah rembesan atau retakan pada tembok bata merah dapat dilakukan jasa waterproofing membrane bakar. Cara ini diyakini mampu mengatasi dan mengoibati tembok rumah yang bocor dan rembes.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top