• Home
  • /
  • PERCETAKAN
  • /
  • Inilah Kelebihan Teknik Cetak Digital yang Harus Diketahui!

Inilah Kelebihan Teknik Cetak Digital yang Harus Diketahui!

Terdapat dua macam teknik cetak yang seiring perkembangannya paling umum dan banyak digunakan, yaitu teknik cetak digital dan teknik cetak offset. Dibandingkan dengan teknik cetak offset, teknik cetak digital dikenal lebih modern dan sesuai dengan kebutuhan desain zaman sekarang.

Teknik cetak digital sendiri merupakan sebuah metode dalam cetak yang bersumber dari file atau gambar berbasis digital. Alat ini merupakan hasil pengembangan dari printing konvensional atau manual yang kerap digunakan zaman dahulu. Meskipun pada era sekarang tetap saja ada yang menggunakan proses manual, namun tak dapat tidak dipungkiri teknik cetak digital ini menjadi sebuah terobosan cerdas di mana proses printingnya dapat dilakukan secara akurat dan tepat.

Oleh karena itu, merupakan sebuah keharusan bagi Anda untuk tahu mengenai teknik cetak digital. Terutama bagi Anda yang sehari-harinya sudah sangat terbiasa melalui percetakan online. Berikut ini akan dijelaskan mendalam mengenai kelebihan dari teknik cetak digital. Dengan mengetahui kelebihan-kelebihannya, kamu tak perlu ragu lagi dalam mengandalkannya.

Kelebihan Teknik Cetak Digital

Pada dasarnya, dalam teknik ini tinta yang digunakan adalah tinta cair atau toner. Dengan demikian hasil cetakan yang diinginkan dapat secara langsung dicetak pada beragam media. Karena penggunaanya inilah, teknik cetak digital dikenal lebih cepat menyelesaikan proses cetakan bila dibandingkan teknik cetak offset. Hal ini sangat sesuai dengan kebutuhan zaman yang membutuhkan segala sesuatunya dengan cepat.

Waktu yang cepat tersebut juga disebabkan oleh pengoperasiannya yang praktis. Artinya, alur produksi untuk percetakan secara online tali-lanyard.com yang dimiliki jauh lebih singkat. Tak hanya itu, Anda yang awam dengan jenis cetak ini juga dapat dengan praktis mengoperasikannya. Tak heran, printer jenis ini sering kali ditemui di perkantoran atau rumah-rumah.

Teknik cetak digital memiliki keunggulan lain yaitu fleksibilitasnya. Teknik jenis ini juga memiliki sebutan teknik print on demand, artinya, dapat digunakan untuk mencetak dalam jumlah yang besar maupun kecil. Dengan demikian, penggunaannya amat cocok untuk para pelanggan apapun kebutuhannya. Anda tak perlu khawatir bila hanya membutuhkan teknik cetak ini dalam skala yang kecil.

Kemudian bila Anda mengamati hasil dari cetakannya, Anda akan menemukan hasil yang jauh lebih tajam dan sempurna. Hal ini tentu jauh berbeda dibandingkan dengan teknik offset. Inilah sebabnya pula, mengapa teknik digital pada percetakan secara online dapat digunakan untuk langsung mencetak dokumen atau desain ke media cetak yang Anda inginkan. Semakin bagus kualitas desain yang dibuat, maka akan semakin bagus pula hasilnya.

Selanjutnya, apabila Anda membuka bisnis percetakan, menggunakan teknik cetak digital juga memberikan keuntungan tersendiri karena pengoperasiannya yang tidak rumit, maka Anda tidak akan memerlukan banyak tenaga kerja seperti pada mesin cetak offset. Hal ini tentu sangat cocok bagi Anda yang baru saja membuka bisnis percetakan, dan menginginkan pengeluaran yang sedikit, namun pemasukan yang banyak.

Yang terakhir, jenis teknik digital tergolong ramah lingkungan. Pada jenik cetak offset, Anda akan jauh lebih membutuhkan dan menghabiskan tinta yang banyak. Sering kali, Anda sebagai pihak percetakan online gantungan tali id card diharuskan untuk mencetak banyak dan berulang-ulang kali. Bila demikian, maka tentu penggunaan mesin cetak offset akan sangat boros. Tidak demikian dengan cetak digital. Anda dapat secara langsung melakukan cetak dari dokumen ke media sesuai dengan yang Anda inginkan. Dengan demikian, Anda tidak membutuhkan banyak tinta atau bahan-bahan pendukung dan menghabiskannya begitu saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top