Material Bangunan Yang Perlu Diketahui Banyak Orang

Saranamutu.co.id – Sebelum kita membangun rumah atau bangunan pastinya sebelum membangun kita harus tahu apa saja bahan bangunan yang diperlukan. Membeli bahan atau alat juga harus pilih-pilih yang terbaik untuk rumah atau bangunan kita dan juga ramah lingkungan. Kita dapat memilih material yang kokoh tidak mudah pecah ataupun jika terkena tekanan atau terkena ledakan, Material mudah dibentuk, Material bisa menyerap air. Sekarang Industri bahan bangunan indonesia juga tidak kalah bagus dengan buatan luar negeri. 

Material Bangunan Yang Perlu Diketahui Banyak Orang

Jenis Bahan Bangunan Yang Perlu Kita ketahui

Batu Bata

Batu Bata digunakan untuk membuat dinding rumah atau bangunan, Batu Bata ini sangat kokoh tidak mudah rapuh, Batu bata dibuat dari tanah liat yang kemudian di bakar. Namun saat sekarang banyak yang menggunakan gipsum pengganti batu bata karena lebih murah

Kayu

Kayu difungsikan untuk membuat bahan bangunan, daun jendela ataupun daun pintu dan juga untuk sanggahan genteng.

Semen

Tanpa penggunaan semen batu bata tidak bisa menyatu. Semen sangat penting dalam material bangunan.

Metal

Penggunaan metal biasanya hanya digunakan di bangunan yang tinggi. Sifat metal yang kuat, fleksibel, dan dapat mengehemat waktu.

Tanah liat dan Lumpur

Penggunaan tanah liat sangat bagus untuk bangunan khususnya rumah, Karena tanah liat mempunyai sifat bisa menjaga keseimbangan suhu ruangan. Campuran Lumpur dan tanah liat lebih kokoh ketimbang lumpur dan pasir.

Penggunaan Kaca

Kaca dapat digunakan sebagai jendela ataupun ventilasi

Beton

Beton campuran dari pasir, krikil atau agregat yang lain di gunakan untuk membuat pondasi, jembatan atau jalan, trotoar ataupun yang lain. Selain kokoh, beton ini juga mengikuti bentuk struktur bangunan. Dalam pembuatan beton pasti ada sisa-sisa udara hal ini dapat dipadatkan dengan Vibrator Beton.

Material Bangunan Yang Perlu Diketahui Banyak Orang

Vibrator Beton digunakan sebagai pemadatan beton supaya tidak ada lubang atau seperti sarang lebah. Alat ini juga salah satu peralatan pengecoran. Getaran dari alat Vibrator Betonmembantu udara-udara dalam adonan bisa keluar sehingga adonan tersebut bisa menjadi padat tanpa adanya lubang-lubang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top