• Home
  • /
  • JASA
  • /
  • 5 Hal Dasar yang Harus Diperhatikan untuk Membuat Artikel SEO Friendly

5 Hal Dasar yang Harus Diperhatikan untuk Membuat Artikel SEO Friendly

SEO merupakan teknik optimasi website yang dilakukan agar halaman website tersebut menempati peringkat atas hasil penelusuran Google. Teknik-teknik SEO umumnya diterapkan pada artikel yang diunggah secara rutin oleh pemilik website karena artikel biasa tidaklah cukup. Artikel yang unik dan memberikan informasi lengkap kepada para pembaca memang sangat dibutuhkan. Namun jika artikel tersebut tidak muncul di halaman pertama Google, besar kemungkinan artikel tidak banyak dibaca karena pembaca tidak bisa menemukan halaman website yang bersangkutan. Oleh karena itu, penulis artikel sebuah website perusahaan ataupun blog pribadi harus menguasai cara membuat artikel SEO friendly. Maksudnya, artikel perlu memuat teknik SEO untuk mengimbangi algoritma Google dalam menentukan peringkat suatu halaman website tanpa mengesampingkan isi dari artikel itu sendiri.

Dasa-Dasar dalam Membuat Artikel SEO Friendly yang Berkualitas

Banyak penulis artikel yang memaksakan penerapan teknik SEO sehingga kualitas artikel menjadi menurun. Agar hal tersebut tidak terjadi, ikuti langkah-langkah berikut sebagai dasar dalam membuat artikel SEO friendly yang berkualitas:

Gunakan Keyword yang Banyak Dicari Pembaca

Menempatkan keyword pada artikel yang akan diunggah merupakan hal dasar dalam membuat artikel SEO friendly. Keyword yang dipilih tidak boleh sembarangan karena tidak semua keyword berpotensi mendatangkan banyak trafik. Gunakan keyword yang memiliki kemungkinan besar banyak dicari pembaca dengan memanfaatkan berbagai tools yang dapat memberikan informasi mengenai volume pencarian keyword tersebut. Selain itu, hindari keyword yang terlalu panjang hingga terkesan berlebihan dan tidak enak dibaca.

Buatlah Artikel yang Solutif

Pihak Google akan memberikan penilaian yang bagus pada website yang dapat memberikan kepuasan kepada pembacanya. Penilaian tersebut didasarkan pada beberapa indikator, di antaranya lama waktu yang dihabiskan pembaca untuk membaca artikel dan berapa banyak pembaca yang membagikan artikel tersebut. Oleh karena itu, dibutuhkan artikel yang solutif sehingga pembaca betah berlama-lama berada di website Anda. Hal tersebut karena mereka merasa tidak perlu mencari informasi dari website lain karena artikel yang Anda sajikan sudah mampu menjawab apa yang ingin mereka cari tahu.

Perhatikan Elemen Penting Artikel dalam Website

Tidak hanya memikirkan bagimana caranya membuat kalimat dan paragraf yang enak dibaca, membuat artikel SEO friendlyberarti harus memperhatikan elemen penting lain yang merupakan hal teknis. Buat judul artikel yang singkat, dapat menggambarkan garis besar isi artikel, serta menarik perhatian banyak pembaca. Pastikan judul mengandung keyword yang wajar dan usahakan untuk tidak membuat URL yang terlalu panjang. Di samping itu, Anda dapat memanfaatkan heading dan sub heading untuk membantu pembaca dalam menemukan pokok bahasan dalam artikel yang mereka baca.

Manfaatkan Link Internal dan Eksternal

Cara membuat artikel SEO friendlyselanjutnya adalah memanfaatkan link internal yang merujuk pada salah satu artikel di jasa pembuatan website seo Anda sendiri dan link eksternal yang merujuk ke website orang lain. Link-link tersebut memungkinkan pembaca membaca artikel lain yang ada di website Anda dan sebagai upaya dalam membangun kredibilitas karena secara tidak langsung memberi tahu pembaca bahwa Anda melakukan riset sebelum menulis artikel.

Optimasi Gambar

Gambar harus selalu ada setiap kali Anda mengunggah artikel baru. Tanpa gambar, pembaca akan bosan hanya membaca paragraf-paragraf panjang. Namun terkadang, keberadaan gambar yang filenya berukuran besar membawa masalah seperti loading website menjadi lebih lambat. Oleh karena itu, sebagai langkah dalam membuat artikel SEO friendly, Anda harus mengoptimasi gambar dengan memperkecil ukuran file tetapi tetap memerhatikan kualitas gambar tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top