Mengenali SEO

SEO sangat penting untuk website. Melalui SEO website kita dapat ditemukan dengan berbagai kata kunci. Semakin banyak orang yang mengunjunginya, maka kredibilitasnya akan meningkat dan konten dari website kita akan berada di peringkat pertama pada mesin pencarianinternet, contohnya Google. Nah, untuk lebih dalamnya tentang apa sih SEO itu? Yuk simak pembahasan di bawah ini!

Apa Itu SEO?

Pengertian SEO

SEO (Search Engine Optimization) merupakan upaya atau cara dalam memaksimalkan website agar menjadikannya berada di peringkat teratas pada hasil pencarian. Hal itu berpengaruh terhadap kenaikan trafik organik dan mendapatkan trafik yang tepat, sehingga kamu tidak terpaku pada trafik yang tinggi, tetapi trafik yang sesuai dengan tujuan websitemu. Kamu harus mengikuti beberapa aturan yang ditetapkan oleh mesin pencari untuk mendapatkannya, seperti memahami cara kerja SEO, indikator utama SEO, dan algoritma Google.

Cara Kerja SEO

Algoritma adalah patokan yang dijadikan dalam cara kerja SEO, dalam hal ini misalnya algoritma Google. Algoritma ini selalu diperbarui untuk menampilkan hasil pencarian yang relevan dan solutif. Maka dari itu, kamu harus update algoritma Goole karena algoritma yang lama tidak berefek apapun.

8 Indikator Utama SEO

1. Struktur URL

Struktur URL yang dibuat harus sesederhana mungkin dan mengandung nama domain serta judul artikel. Hal itu supaya website kamu mudah dicari oleh mesin pencarian seperti contoh: jayaseo.com

2. Penggunaan SSL/TLS

SSL/TLS menjamin keamanan data pengguna, sebab transfer data yang terjadi tidak dapat terbaca. Jika ada website yang tidak menggunakan SSL/TLS maka akan ditandai google sebagai not secure. Website yang telah menggunakan SSL/TLS alamatnya diawali dengan HTTPS bukan HTTP lagi.

3. Topik Konten

Tentukanlah konten yang kamu bahas dan buatlah topik-topik yang saling berkaitan agar struktur website menjadi lebih baik. Sering-seringlah membuat topik konten yang saling berkaitan karena lebih mudah dicari oleh mesin pencari, dengan begitu websitemu berada di peringkat pertama pada hasil pencarian.

4. Search Intent

Search intent adalah fitur yang digunakan untuk menyesuaikan konten yang dicari, karena pencarian satu kata kunci bisa memiliki banyak pengertian berbeda.

5. Struktur Konten

Konten yang dibuat harus dengan struktur yang jelas dan rapi agar memudahkan pembaca dalam memahami isi kontenmu. Misalnya dengan menambahkan gambar, foto, atau video, sedangkan untuk poin-poin yang penting gunakanlah heading dan subheading.

6. Meta Tags

Meta tags terdiri dari tittle tag dan meta description. Ttittle tag adalah judul artikel yang muncul di hasil pencarian. Google akan memotong beberapa kata dalam judul yang panjang sesuai ketentuan yang berlaku. Meta description adalah teks yang terletak di bawah judul dan URL artikel yang berguna untuk merangkum konten pada hasil pencarian hingga menjadi 120-130 karakter.

7. Backlink

Backlink adalah berapa banyak websitemu dijadikan referensi oleh pengguna lain. Akan tetapi, harus berasal dari website yang berkualitas tinggi bukan yang berkualitas rendah.

8. Kecepatan Website

Kecepatan loading website merupakan salah satu indikator utama SEO yang telah ditetapkan Google pada tahun 2014. Semakin cepat loading website, maka berpeluang dalam mendapatkan ranking lebih tinggi di mesin pencarian.

Jenis-Jenis SEO

1. SEO On Page

Upaya untuk mengoptimalkan SEO pada website, yang meliputi permalink, struktur dan judul konten, penggunaan website, tema responsif, penggunaan heading, dan internal linking.

2. SEO Off Page

Mengoptimalkan SEO di luar website. Terdapat beberapa faktor di luar website yang mempengaruhi kualitas SEO, salah satunya backlink yang mengindikasi bahwa kontenmu dijadikan referensi oleh pengguna lain. Semakin sering websitemu dijadikan referensi, maka akan berpeluang untuk naik peringkat pada mesin pencari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top