Panduan Cara Membuat Website Sendiri dari Nol

Sejatinya membuat website tidaklah sulit dan tidak harus memperhatikan masalah-masalah teknis seperti coding yang memerlukan waktu lama. Akan tetapi, website yang dibuat harus mempunyai fitur yang fungsional seperti SEO friendly, agar website kita dapat terjangkau oleh semua pengguna internet. Untuk itu diperlukan juga pelayanan jasa pembuatan website.

Cara Membuat Website Sendiri dari Nol

Nah, di bawah ini kita akan menjelaskan tentang cara membuat website sendiri dari nol sampai jadi. Mau tahu apa saja? Yuk disimak!

Langkah-langkah membuat website

1. Menentukan jenis website

Langkah ini sangat penting dilakukan sebelum membuat website. Dengan cara ini anda akan mempunyai gambaran perihal konsep website yang akan dikelola. Banyak sekali pilihan jenis website yang bisa dipilih sesuai dengan keinginanmu, diantaranya website toko online, website forum, website portfolio, blog, maupun situs berita.

2. Mentukan platform website

Jika anda ingin membuat website tanpa melakukan coding yang memakan waktu lama, wordpress adalah pilihan ideal. Selain itu, kita tidak harus mengeluarkan biaya apapun. Meskipun gratis namun kualitasnya tetap terbaik. Buktinya saja banyak perusahaan besar yang menggunakan wordpress sebagai websitenya, salah satunya SONY Music.

3. mentukan hosting dan nama domain

  • Memilih hosting

Hosting berguna untuk menyimpan file website, seperti teks, media, HTML, draft, tema, dan plugin. Hosting terdiri dari 3 jenis, yaitu:

  • Shared hosting yang memudahkan anda saat melakukan instalasi, bersifat unlimited bandwidth dan performanya didukung web server dengan teknologi terbaru. Hosting ini cocok untuk toko online, blog pribadi, dan website portfolio.
  • VPS hosting memiliki daya tampung trafik yang tinggi dengan performa yang baik. Anda dapat mendapatkannya tanpa biaya tambahan. Anda bisa mengelola website, dari memilih OS hingga panel. Proses backup dan pemulihan website pada hosting ini lebih mudah dibanding hosting lainnya.
  • Cloud hostingmerupakan perpaduan shared hosting dan VPS hosting. Hosting ini sangat aman digunakan karena dilindungi oleh malware dan SSL. Walaupun trafik sedang tinggi, tetapi masih bisa dikelola dengan baik. Selain itu, jarang ditemukan gangguan karena mempunyai sumber daya yang besar.
  • Menentukan nama domain

Domain merupakan alamat website yang memudahkan pengunjung untuk mengakses website anda, contohnya .co.id. Agar banyak yang mengunjungi website anda, pilihlah domain yang menarik. Untuk membantu Anda silahkan percayakan jasa web design service. Berikut adalah tips dalam menentukan nama domain:

  • Menggunakan kata yang mudah diingat
  • Menyesuaikan dengan target pasar yang dituju
  • Jangan menggunakan tanda hubung dan angka
  • Jangan mengambil nama domain orang lain, karena itu akan kena copyright
  • Tidak harus terpaku dengan .com

4. Install WordPress

Jika anda sudah mengaktifkan fitur auto install WordPress saat menentukan hosting, anda bisa ke langkah selanjutnya. Apabila belum, anda harus mengikuti langkah-langkah berikut.

  1. Login cPanel melalui link yang diberikan melalui email
  2. Buka Softaculous Installer, lalu klik logo WordPress di bagian Softaculous Apps Installer
  3. Klik install now
  4. Pilih domain di kolom choose domain
  5. Mengisi deskripsi website dan nama anda
  6. Menentukan username dan password untuk login ke dashboard WordPress

5. Optimasi Pengaturan WordPress

Supaya website yang dihasilkan dapat optimal, perlu dilakukan optimasi pengaturan dengan login ke dashboard WordPress. Berikut adalah cara-cara yang harus dilakukan:

  • Memilih tema  yang diinginkan dengan mengklik menu Appearance > Themes > Add New. Bisa juga mengupload tema dari perangkat anda dalam bentuk zip.
  • Membuat sitemap dengan menggunakan Yoast SEO dan sitemap XML.
  • Mengubah permalink menjadi lebih pendek dengan mengklik Settings > Permalinks > Post Name > Save Changes. Hal ini agar halaman websitemu terlihat di halaman Google.
  • Install plugin SEO
  • Mengatur keamanan WordPress
  • Install plugin backup
  • Install google Analytics

Itu dia cara-cara membuat website dari nol sampai jadi yang bisa anda lakukan sendiri, mudah bukan? Jangan lupa juga untuk terus mengembangkan website dengan membuat desain dan konten-konten menarik.

Untuk mengembangkannya anda bisa menggunakan jasa dari jayawebsite.com. Semoga bermanfaat.

3 Responses

  1. Greetings from Carolina! I’m bored to death at work so I
    decided to check out your website on my iphone during lunch break.
    I really like the information you present here and can’t wait to take a look when I get home.
    I’m surprised at how fast your blog loaded on my cell phone ..

    I’m not even using WIFI, just 3G .. Anyways, very
    good blog!

  2. I don’t know if it’s just me or if everyone else encountering issues with your blog. It appears like some of the text on your posts are running off the screen. Can somebody else please comment and let me know if this is happening to them as well? This could be a problem with my internet browser because I’ve had this happen before. Appreciate it|

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top