• Home
  • /
  • PERCETAKAN
  • /
  • Tertarik Pada Bisnis Percetakan? Ini Dia Peralatan yang Wajib Dimiliki!

Tertarik Pada Bisnis Percetakan? Ini Dia Peralatan yang Wajib Dimiliki!

Akhir-akhir ini bisnis percetakan banyak dilirik oleh kawula muda untuk ditekuni. Bukan tanpa alasan, bisnis yang sedang naik daun ini dirasa mampu memberikan banyak keuntungan bagi para pelakunya. Mungkinkah Anda salah satu peminatnya Sebelum beranjak memutuskan untuk terjun ke dunia ini, Anda perlu mengetahui peralatan apa saja yang diperlukan untuk memulai bisnis tersebut. Tertarik untuk memahaminya lebih dalam? mari simak berbagai informasinya berikut ini.

7 Peralatan Wajib Pada Bisnis Percetakan

Langsung saja, berikut ini adalah daftar peralatan yang wajib dimiliki pada bisnis percetakan:

1. Printer

Sudah jelas bukan? Namanya juga bisnis percetakan, ya pasti memerlukan peralatan seperti printer. Lalu printer seperti apa yang Kita perlukan? Sebenarnya, jenis printer apa saja bisa, tapi Kami memiliki rekomendasi printer yang cocok bagi pebisnis pemula. Sebut saja Canon IP2770 karena komponennya yang mudah digunakan dan harganya yang cukup terjangkau. Lalu apakah printer jenis scan juga diizinkan.Tentu saja, hanya saja jenis printer scan harganya lebih mahal. Jadi untuk Anda yang notabene masih pemula disarankan menggunakan printer yang terjangkau agar dana yang dimiliki bisa mencukupi semua anggaran yang ada.

2. PC/ Komputer/ Laptop

Proses komputerisasi sangat penting untuk dilakukan dalam bisnis ini. Sebelum akhirnya keluar dengan hasil print out, gambar akan terlebih dahulu melalui tahap suntingan. Sebut saja mengedit dokumen dari pelanggan, atau bahkan membuatkan rekomendasi desain sesuai dengan deskripsi yang diberikan oleh pelanggan.

Nah, tentu dalam hal ini pun Anda perlu menguasai teknik pengoperasian komputer. Paling tidak, Anda bisa mengoperasikan perangkat sederhana seperti word, photo editor, dan perangkat lainnya yang diperlukan.

3. Gunting dan Cutter

Gunting dan Cutter digunakan untuk merapikan berbagai sisi print out tadi, misalnya saja memotong sisi cetak foto yang tidak rapi, memotong bagian kertas, dan masih banyak lagi lainnya.

4. Strapler

Bisnis percetakan itu ada banyak macamnya, mulai dari percetakan kertas, fotokopi, cetak foto, cetak banner, layanan tali lanyard, dan banyak lainnya. Untuk peralatan kali ini, Kami fokuskan pada bisnis percetakan kertas dan fotokopi, yang mana keduanya membutuhkan strapler sebagai salah satu peralatan yang wajib dimiliki. Perlu diketahui, ada beberapa jenis strapler yang perlu disiapkan. Pertama adalah strapler kecil yang dikhususkan untuk menyatukan dokumen dengan halaman tipis atau sedikit. Kedua adalah strapler sedang yang dikhususkan untuk menyatukan halaman dengan ketebalan sedang. Terakhir adalah strapler besar yang dikhususkan untuk menyatukan dokumen yang tebal seperti karya ilmiah, skripsi dan lain-lain.

5. Mesin Fotokopi

Masih berhubungan dengan bisnis percetakan kertas, mesin fotokopi pun memiliki peran yang tidak kalah pentingnya dengan yang lainnya. Meskipun terdengar sepele, tapi mesin fotokopi ini masih sangat dibutuhkan, apalagi untuk anak-anak yang sedang menuntun ilmu, seperti pelajar dan mahasiswa.

6. Laminating

Peralatan selanjutnya yang juga wajib disiapkan adalah laminating. Kebutuhan akan laminating semakin hari semakin meningkat saja. Apalagi dengan fakta bahwa orang-orang ingin dokumennya awet dan aman dari debu halus.

7. Wifi

Memang bukan peralatan yang wajib ada, tapi keberadaan wifi pun patut untuk dipertimbangkan. Bisa saja orang yang hendak mencetak dokumen menyimpannya secara online atau perlu adanya aktivitas download secara online, hal ini pastilah akan menjadi nilai plus bagi bisnis Anda di mata masyarakat.

Itulah beberapa peralatan wajib yang harus ada di bisnis percetakan tali id card jakarta . Selain daftar di atas, masih ada peralatan lainnya yang juga diperlukan, sebut saja seperti penggaris, pemotong kertas, dan juga flashdisk.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top