• Home
  • /
  • JASA
  • /
  • Tips Jilid Soft Cover Asik Tanpa Ribet Sendiri!

Tips Jilid Soft Cover Asik Tanpa Ribet Sendiri!

Kertas sekarang jadi bahan utama untuk hal – hal yang sangat penting dalam segala bidang, contohnya saja laporan – laporan kerja, atau tugas akhir yang menjadi momok bagi mahasiswa – mahasiswa sekarang. Nah bagi kamu nih pekerja ataupun yang masih mahasiswa, suka lupa nggak sih kalau sedang ada di fotokopian tapi lupa menjilid yang kamu fotokopi itu? Sementara kamu sudah ada di rumah, jadinya kamu harus menjilid fotokopi itu sendiri. Yah memang walau harga jilid soft cover terjangkau tapi pasti kita akan malas jika harus bolak-balik ke tempat fotokopi.

Nah jadi bagaimana cara jilid asik tanpa ribet sendiri? Bagaimana tata cara untuk membuat setiap lembar kertas menyatu dan menjadi lembaran seperti buku yang teratur? Dengan kamu belajar menjilid seperti ini, siapa tahu kamu bisa membuka sendiri usaha penjilidan.

Berikut cara membuat soft cover jilid yang harus kamu tahu untuk jaga – jaga bila tidak sempat ke tukang fotokopi atau mager karena toko fotokopi sangat jauh

Cara Membuat Soft Cover Jilid untuk Orang Awam

Ini dia cara jilid soft cover yang baik dan benar. Sebelum memulai yang kamu butuhkan adalah :

 Bahan – bahan :

  1. File (lembaran kertas yang akan di jilid)
  2. Strapples besar
  3. Gunting besar / gunting potong jilid
  4. Lakban
  5. Palu

Cara membuat soft cover jilid :

1. Rapihkan Dokumen

Rapihkan dan sejajarkan hingga rata dokumen yang akan kamu jilid, agar nantinya tidak ada yang tidak terpasang semua akan terpasang dan rapih ketika di jilid dan tidak mudah lepas dari jilidnya.

2. Menentukan Kertas Cover

Tentukan kertas covernya, kamu bisa gunakan buffalo atau kertas manila pilihlah kertas yang bisa untuk cover jilid ya! Intinya sesuka mu tanpa ribet. Setelah itu masuk ke tahap yang ketiga di bawah ini.

3. Rapihkan dengan Gunting Besar / Gunting Jilid

Rapihkan bagian sudut tiap sudut kertas dengan gunting besar, atau jika kamu punya kamu bisa rapihkan dengan gunting jilid sesuai ukuran kertasmu! Minimal gunting dg ukuran 0,5cm, jangan lebih ya karena akan mempersulit proses penjilidan.

4. Strapples dan Beri Lakban

Yang terakhir siap untuk di strapples dan beri lakban, nah tapi tunggu sebelum kamu memberi lakban, alangkah baiknya kamu menggunakan 3 strapples di sisi atas, tengah, dan bawah untuk menguatkan jilidan dan palu tiap strapless menggunakan palu. Hati – hati dalam memalunya jangan sampai dokumen hancur atau jilidan rusak. Setelah semua selesai baru kamu lakban dengan rapih.

Nah jadilah jilidan soft cover buatanmu sendiri tanpa ribet dan lama. Cobalah untuk menggunakan waktu sebaik mungkin jika kamu tak punya waktu untuk ke tukang jilid ya! Ngomong – ngomong ini juga bisa jadi pekerjaan sampinganmu untuk menjilid teman sekerjamu atau teman satu kampusmu tentukan harga jasa jilid soft cover versimu sendiri ya!

Back to Top