• Home
  • /
  • RENTAL
  • /
  • Tips & langkah jadi penulis artikel online yang sukses berkarir

Tips & langkah jadi penulis artikel online yang sukses berkarir

Saat ini menulis bukan pekerjaan yang sebatas hoby atau iseng-iseng semata, kita dapat membuahkan uang dari menulis serta membuatnya jadi karier serta usaha. Tetapi tidak kesemua orang dapat sukses dengan menulis, sering fakta yang menghambat layaknya malu, takut tak ada yang baca, merasakan tulisannya buruk dan lain-lain. Karenanya saya mampu coba bagi (sharing) dari pengalaman saya sendiri yang tidak mempunyai latar belakang benar-benar dengan menulis bagaimanakah cara jadi penulis artikel dimedia online/off line yang dapat sukses jadikan menulis jadi karier/usaha hingga kita dapat membuahkan uang dan peluang membuatnya jadi pekerjaan penting di waktu depan.

Kerjakan Saja Lebih Dahulu Dan Dalami Penulisan Anda

Jujur belum pernah terpikir sedikitpun jika satu hari kelak saya mampu jadi seorang penulis/blogger, saya belum pernah membuat artikel sekalinya di internet/media online sepanjang 20 tahun lebih, awalannya saya menulis sebab iseng, ada artikel di luar negeri yang didalamnya menurut saya benar-benar bagus serta nampaklah inspirasi untuk menulis, tanpa ada fikir panjang saya langsung membuat versus Indonesianya dengan style bahasa saya sendiri, diberi bumbu dengan pendapat serta pengalaman yang ada dan sesuai dengan keadaan/kondisi di Jakarta, lantas saya post di Kaskus (belum punyai website waktu itu) serta dengan beberapa waktu selanjutnya artikel itu jadi HT (hot thread) serta mendapatkan lebih dari 50.000 views.

Beberapa komentar dari kaskuser banyak yang datang, beberapa banyak didalamnya positif, serta “sudden popularity” ini buat saya sedikit suka menulis (maklum baru pertama-tama dapet HT), lantas beberapa waktu selanjutnya saya coba buat artikel lainnya serta hasilnya jadi HT , demikian terus sampai saya mendapatkan seputar 3-4 HT saya ketika berpikir mengapa saya tidak membuat website sendiri serta menulis dari sana saja, toh jika saya menulis di Kaskus yang untung (dapet uang) hanya Kaskusnya, saya paling-paling hanya dapet cendol, pada akhirnya lahirlah website Solusik ini yang awalannya berawal dari “sekedar iseng” sampai saat ini jadi website dengan 100 ribu pengunjung/pembaca tiap bulannya.

Pokoknya ialah ketika saja dahulu, tuang saja inspirasi yang Kamu punyai, tulislah apa yang ingin Kamu catat, jangan takut/malu sebab jujur saja saya sendiri sampai saat ini masih malu dengan tulisan-tulisan saya diawalnya, malah Kamu tidak mampu pernah sukses jika Kamu tidak malu dengan hasil tulisan artikel pertama Kamu, gapapa buruk diawalnya lantas benahi kelak, istilahnya “goblok saja dahulu baru pandai di waktu depan” dibanding Kamu tidak mengawali/menulis benar-benar.

Nah umumnya ada orang yang justru begitu repot baca-baca teori langkah membuat artikel, langkah jadi konten writer/editor, panduan jadi copywriter, dan lain-lain hingga kemudian justru gak pernah menulis. Memang diantara kunci keberhasilan seorang penulis ialah rajin melihat, tetapi jangan terlalu berlebih hingga Kamu sendiri tidak menulis untuk diri Kamu sendiri, saya sendiri benar-benar jarang-jarang melihat teori mengenai menulis serta nilai bahasa Jakarta disekolahpun biasa saja, yang perlu ialah tulisan saya dapat dibaca serta dipahami oleh manusia.

Lantas yang tidak kalah penting ialah tulislah artikel di tempat yang ada orangnya, tulisan sebaik apa saja mampu sia-sia jika tak ada yang baca, di pada akhirnya kita menulis untuk manusia, karenanya kita mesti masukan dari orang yang real , jika diawalnya Kamu menulis di web/website pribadi boro-boro ditanggapi, dibaca orang saja belum pasti (zero pengunjung), karenanya coba kadang-kadang posting artikel Kamu diforum/komune/group medsos, maksudnya agar minimal ada yang baca serta ada yang komen.

Tentukan karier

Tiap orang punyai hasrat semasing dengan berkarir, saya pilih menulis di website sebab jelas tambah lebih bebas daripada kita menulis untuk orang lain, disamping itu saya sendiri kurang senang menulis suatu hal yang dikejar deadline/di bawah desakan ditambah lagi sampai diminta dengan sasaran contoh harus menulis 3-5 artikel /hari. Buat saya kualitas artikel jauh di atas segala hal. Toh buat apa menulis banyak-banyak, di internet telah umumnya artikel, tetapi sayangnya di Jakarta masih minim artikel lokal yang benar-benar bermutu.

Bila Kamu masih bingung, di bawah ini sedikit panduan pilihan karier seorang penulis artikel online di Jakarta yang biasa digunakan para pemilik jasa penulis artikel jurnal :

konten writer = seorang konten writer umumnya menulis untuk website/web orang lain (perusahaan), kelebihan penting seorang konten writer ialah pendapatannya yang lebih instant daripada jadi blogger (maklum blogger diawal-awal gabakal ada penghasilan), disamping itu umumnya tema artikel juga disiapkan serta tinggal menulis saja.

Copywriter = ialah orang yang masukkan teks dengan satu penjualan atau pemasaran, umumnya kita jumpai di landing page satu web, tagline iklan, brosur, caption/posting medsos, dan lain-lain.

Blogger = Kamu dapat jadi blogger dengan gratis memakai basis layaknya WordPress & Blogspot, tetapi jika Kamu ingin serius jadi blogger yang membuahkan dengan periode panjang, jadi saya anjurkan bikinlah web memakai hosting & domain sendiri (.com).

Translator = pekerjaan ini memerlukan ketrampilan dengan bahasa lain, bila Kamu kuasai lebih dari 1 bahasa tidak hanya bahasa Jakarta, jadi Kamu dapat jadi seorang translator.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top