• Home
  • /
  • INTERIOR
  • /
  • Tips Membuat Saung Halaman Rumah Favorit Keluarga

Tips Membuat Saung Halaman Rumah Favorit Keluarga

Halaman rumah yang luas memberikan banyak manfaat yang dapat dikreasikan sesuai keinginan pemilik rumah. Seperti membuat saung untuk berkumpul dengan keluarga atau kerabat. Terlebih lagi kini saung bukan hanya dari kayu dan beratap jerami, namun dapat menggunakan besi, beton, bata maupun lantai kayu. Tentunya memberikan penampilan saung yang modern dan kokoh walaupun sering terkena air hujan.

Tips Agar Saung Halaman Rumah Nyaman

Bersantai di saung ditemani makanan dan minuman akan membuat pikiran rileks karena sensasi udara segar secara langsung. Lantaran saung dapat dimodifikasi dengan berbagai hal, maka pemilik rumah dapat memilih desain saung sesuai keinginan agar memberikan kepuasan tersendiri.

Untuk itu tatkala memutuskan membuat saung di halaman rumah, harus mengetahui tipsnya agar tampilan saung sesuai dengan keinginan. Untuk itu dibawah ini ada 5 tips membuat saung yang dapat ditiru, diantaranya adalah:

1. Menentukan Ukuran Saung

Langkah pertama membuat saung adalah menentukan ukuran dan daya tampung yang diinginkan. Misalnya daya tampung 44 orang, maka dapat membuat ukuran sekitar 2×2 meter. Selain itu ukuran saung juga diperhatikan dengan luas halaman rumah agar keberadaan saung tidak membuat halaman rumah seakan sempit dan pengap.

2. Menentukan Konsep Saung

Model saung saat ini beragam dan unik, dari yang tradisional, minimalis modern, sampai klasik. Untuk itu menentukan konsep tema sangat bermanfaat agar pemilik rumah dan tamu senang dan betah bersantai di saung tersebut. Sementara bagi pemilihan yang lebih modern menggunakan bata dan lain-lain, lantainya dapat menggunakan lantai vinyl yang sangat mudah didapatkan sebab kini bisnis jual vinyl lantai sudah menjadi ladang usaha banyak orang jadi sangat mungkin mendapatkannya di sekitar tempat tinggal.

3. Memberikan Suasana Alam

Bagi pecinta alam, saung halaman rumah dapat menggunakan atap ijuk agar kesan alaminya kental. Selain itu untuk saung yang lebih modern dapat menggunakan bambu sebagai kontruksi utama maupun aksesoris ruangan, sementara lantainya menggunakan lantai kayu agar tampilannya modern.

4. Menggunakan Gorden Agar Elegan

Saung halaman rumah akan semakin elegan dan membuat santai menyenangkan tatkala pada dinding-dindingnya menggunakan gorden. Bahkan penggunaan gorden memunculkan kesan romantis, tema seperti ini cocok untuk pengantin baru agar betah di rumah. Apalagi tatkala lantainya menggunakan lantai kayu atau vinyl, pastinya kesan romantis semakin kental. Tak perlu pusing untuk membelinya. Pada umumnya toko jual lantai vinyl murah juga menyediakan beraneka bahan dekoratif interior lainnya.

5. Menghadirkan Tumbuhan

Menghadirkan tumbuhan yang tepat disekitar saung memberikan suasana yang sejuk dan membuat nyaman. Untuk itu pemilihan tumbuhan dapat disesuaikan dengan tema saung agar senada dan memiliki keunikan tersendiri.

Sebenarnya tips membuat saung halaman rumah masih banyak, namun ke 5 tips diatas dapat dijadikan acuan agar memiliki saung yang membuat nyaman keluarga. Yang terpenting adalah menjaga kebersihan saung agar selalu nyaman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top