• Home
  • /
  • KONSTRUKSI
  • /
  • Trik Dari Para Kontraktor Ahli Untuk Membangun Jalan Layang Agar Tata Kota Maksimal

Trik Dari Para Kontraktor Ahli Untuk Membangun Jalan Layang Agar Tata Kota Maksimal

Jalan layang merupakan salah satu proyek konstruksi di bidang pembangunan jalan yang saat ini menjadi tren terutama di negara Indonesia. Bahkan menurut beberapa ahli konstruksi jalan layang dibangun adalah untuk mengurangi kemacetan yaitu dengan menambah ruas jalan diatas jalan biasa yang berada di bawah. Oleh karena itu pembangunan jalan layang ini sangat di gadangkan terutama di kota besar seperti Jakarta.

Jalan Layang

Dari sisi konstruksinya jalan yang satu ini memiliki jenis struktur yang tentu berbeda dengan jenis jalan biasanya, hal ini karena jalan layang berada di atas suatu ketinggian dan tentunya perhitungan akan bebannya pun harus lebih matang karena jika salah sedikit perhitungan maka dampaknya akan sangat membahayakan. Jika anda ketahui juga ada beberapa teknik khusus yang diciptakan untuk pembangunan jenis layang ini yaitu menggunakan teknik sosrobahu yaitu sebuah teknik karya anak bangsa dengan cara memberi putaran sebesar 90 derajat pada lengan jalan yang ditempat sejajar dengan jalan yang ada dibawahnya. Untuk proyek pembangunan jalan layang ini pemerintah sebagai pemilik proyek menggunakan jasa dari perusahaan konstruksi berkompeten, hal ini agar proses pengerjaan yang lebih tepat waktu dan tentunya lebih maksimal. 

Konstruksi Jalan Layang dengan Trik Para Ahli Konstruksi!

Berikut ini trik dari para ahli pada saat melakukan pembangunan terhadap jalan layang.

  1. Membuat rancangan menggunakan gambar teknik, yang didalamnya berisi perhitungan setiap komponen penyusun dari jalan layang tersebut. Dalam hal ini anda juga dapat meminta bantuan dari berbagai macam perusahaan kontruksi yang saat ini tersebar untuk melakukan rancangan melalui gambar teknik. 

  2. Persiapkan bahan-bahan untuk proses pengecoran pondasi jalan, ini akan menjadi hal yang sangat penting untuk anda kerjakan, karena jalan layang itu sangat bergantung pada kuat tidaknya pondasi yang menyokongnya. Selain itu, untuk proses pengecoran ini biasanya dapat menggunakan beton pra cetak atau proses injeksi kedalam kolom pondasi yang sudah dipersiapkan. 

  3. Setelah itu anda dapat mempersiapkan juga rangka untuk atas jembatan yang biasanya terdiri dari susunan besi dan baja sehingga membentuk suatu tulangan. 

  4. Rangka siap maka persiapkan pengecoran untuk badan jembatan, dalam hal ini sama anda dapat menggunakan beton pracetak atau injeksi beton, lalu untuk membuat jalan layang lebih baik lagi biasanya pelapisan menggunakan aspal pun diperlukan. 

  5. Jangan lupa juga untuk melakukan pemasangan bahu jalan, dalam hal ini sesuaikan dengan lokasi jalan layang jika lokasinya seperti di tikungan yang tajam maka persiapkan bahu jalan yang tinggi hal ini untuk menghindari adanya kecelakaan dari pengguna jalan di kemudian hari. 

Trik diatas adalah sebagian dari banyaknya trik yang biasanya dimiliki para ahli dan kontraktor bangunan dalam membangun suatu jalan layang. Jika anda memang berencana untuk melakukan proyek pembangunan untuk jalan layang maka tidak ada salahnya juga mempelajari trik diatas. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top