Ukuran Gelang Wristband yang Umum Digunakan

Mengikuti tren gelang sebagai pengganti id card, kini penggunaan gelang wristband semakin populer. Gelang penanda ini digunakan dalam berbagai acara, mulai dari konser musik, seminar, pameran, pengunjung wahana hiburan keluarga dan sebagainya. Penggunaan gelang ini menjadi populer karena praktis, tidak mudah hilang, mudah dicek dan untuk gelang kualitas bagus bisa sekaligus digunakan sebagai merchandise.   

Bahan pembuat tiket gelang bermacam-macam, bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan budget. Ada yang terbuat dari kertas biasa, kertas tyvex, lanyard hingga karet atau rubber. Biasanya tiket yang menggunakan bahan kertas digunakan untuk event-event cepat, misal seminar, karena tiket dari kertas mudah robek dan basah. Namun jika ingin bahan kertas yang awet, ada bahan tyvex yang kuat dan tidak mudah robek yang biasanya digunakan untuk event dengan aktifitas tinggi seperti di wahana bermain anak atau kolam renang.   

Sedangkan model lanyard dan karet tentunya lebih awet lagi namun tentunya harga lebih mahal daripada model kertas. Untuk model lanyard bisa di produksi cetak dengan sablon atau print, sedang untuk karet biasanya selain diprint, juga bisa dicetak timbul sehingga memberi kesan mewah.

Ukuran Gelang

Meskipun bahan pembuatnya berbeda-beda, namun ukuran gelang wristband rata-rata sama. Karena digunakan di pergelangan tangan tentunya ukurannya disesuaikan dengan lingkar pergelangan tangan manusia. Model, desain dan ukuran gelang bisa dipesan sesuai permintaan. Namun harus selalu diingat, ukuran yang diminta harus disesuaikan dengan kenyamanan pengguna, agar tidak terlalu besar, terlalu kecil, terlalu pendek atau malah terlalu panjang.

Untuk model dari kertas, biasanya menggunakan ukuran lebar 2 cm dengan panjang 23 cm dimana biasanya ujung kertas diberi perekat. Sedangkan untuk model lanyard, biasanya ukurannya mulai 1 cm, 1,5 cm, 2 cm hingga 2,5 cm dengan panjang 23 cm, 25 cm dan 30 cm, sesuai permintaan. Untuk model lanyard akan dilengkapi dengan pengunci atau stopper yang bisa disesuaikan dengan ukuran pergelangan tangan si pemakai.  

Untuk model karet atau rubber, biasanya berbentuk gelang lentur, bisa model sambung ataupun dengan kancing di ujungnya. Karena lentur, untuk memakainya tinggal direngangkan saja saat dimasukkan ke pergelangan tangan. Model ini harganya paling mahal karena biasanya setelah selesai, gelang akan dijadikan kenang-kenangan atau bahkan tetap dikenakan setiap hari.   

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top