• Home
  • /
  • WISATA
  • /
  • Uniknya Pesona Destinasi Wisata Candi Borobudur

Uniknya Pesona Destinasi Wisata Candi Borobudur

Destinasi Wisata Candi Borobudur

Candi Borobudur adalah salah satu tempat wisata yang sering menjadi incaran para traveler untuk mengunjunginya. Bukan hanya wisatawan lokal saja. Tetapi destinasi yang satu ini juga mampu menarik sejumlah wisatawan asing karena memang memiliki nilai sejarah yang cukup unik. Selain itu, Candi Borobudur juga berlokasi di tempat yang strategis sehingga sangat mudah untuk dijangkau dengan jenis transportasi apapun. Misalnya seperti sewa bus pariwisata di Jawa Timur.

Keunikan Candi Borobudur

Candi Borobudur memiliki tampilan yang cukup unik. Megahnya bangunan ini menjadikan Candi Borobudur sebagai salah satu warisan budaya dunia yang telah ditetapkan oleh UNESCO. Kemegahan candi ini memang tidak tertandingi. Selain besar dan luas, candi ini juga memiliki ketinggian yang cukup tinggi. Sehingga tempat wisata ini akan membuat kamu terpesona akan keindahan alam yang mengelilingi Candi Borobudur.

Di sini, ada dua hal menarik yang sangat menggambarkan Candi Borobudur secara keseluruhan. Antara lain yaitu, ukiran dinding (relief) dan stupa. Candi ini dibangun dengan mengembangkan konsep kehidupan menurut kepercayaan Budha. Dengan struktur bangunannya yang berbentuk kotak, Candi Borobudur memiliki 4 pintu masuk dengan pusat candi yang terlihat seperti lingkaran.

Ketika kamu mengunjungi destinasi wisata ini, kamu akan menjumpai 3 zona candi. Yaitu:

Kamadhatu, dalam zona ini kamu bisa melihat sekitar 160 relief dinding beserta penjelasan hukum sebab akibat yang dituliskan menggunakan bahasa Karmawibhangga Sutra. Menurut sejarah, tulisan – tulisan ini menggambarkan kehidupan alam semesta.

Rupadhatu, zona yang terbentuk dari relief dan patung – patung Budha. Di zona ini, ada sekitar 328 patung Budha lengkap dengan ukiran dinding yang menghiasinya. Zona Rupadhatu ini melambangkan alam peralihan, yaitu alam di mana manusia mulai merasakan kebebasan dari berbagai urusan dunia.

Arupadhatu, seperti yang telah disebutkan di awal bahwa Candi Borobudur memiliki pusat yang terlihat seperti lingkaran. Nah, ini dia yang dimaksud. Zona Arupadhatu ini memang berbentuk lingkaran di pusat candi dengan tiga serambi yang menghadap ke kubah bagian tengah. Berbeda dengan zona Kamadhatu dan Rupadhatu, pada zona Arupadhatu ini kamu tidak akan menemukan relief. Zona ini secara keseluruhan melambangkan kemurnian tertinggi dalam kehidupan.

Selain kemegahan bangunan dan 3 zona yang dimiliki Candi Borobudur, masih ada lagi keunikan lainnya. Yaitu pemandangan sunset yang tampak di sekitar candi. Karena bangunannya cukup tinggi, maka kamu bisa menikmati indahnya langit sore yang sangat luas. Tempat wisata ini menawarkan dua pilihan harga tiket masuk yang berbeda. Yaitu perorangan dan rombongan. Jika kamu datang sendiri, maka biaya yang perlu dikeluarkan untuk masuk yaitu Rp. 40.000 dan Rp. 20.000 untuk usia 3 – 10 tahun. Sedangkan harga tiket masuk rombongan hanya dikenakan Rp. 20.000 saja untuk setiap pesertanya. Berkunjung secara rombongan memang terhitung lebih murah, apalagi kalau kamu dan rombongan pergi dengan menggunakan jasa sewa bus pariwisata di Jawa Timur. Pasti akan menjadi jauh lebih murah lagi.

334 Responses

  1. I enjoy you because of all of your efforts on this site. Ellie enjoys doing internet research and it’s easy to see why. All of us hear all concerning the compelling manner you deliver functional ideas by means of the blog and as well cause contribution from other people about this concept plus my daughter is being taught a lot. Enjoy the remaining portion of the new year. You’re the one carrying out a first class job.

  2. You can definitely see your expertise within the work you write.
    The arena hopes for more passionate writers such as you who
    aren’t afraid to mention how they believe. Always
    follow your heart.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top