Yuk Kenali Tips Membeli Pasir Sebelum Membangun Rumah

Memiliki rumah idaman adalah keinginan semua orang di dunia ini. Setiap dari mereka rela mengeluarkan biaya besar hanya untuk membuat rumah impiannya, mulai dari material hingga kontraktor yang digunakan. Pemilihan kontraktor harus dilakukan secara selektif agar bangunan dapat berdiri dengan kokoh dan kuat. Kontraktor handal biasa menggunakan bar bender dan bar cutter sebagai salah satu alat pembangunan dan tukang yang dipilih pun memiliki keahlian khusus.

Tips Membeli Pasir

Bar bender dan bar cutter merupakan alat bangunan yang memiliki fungsi berbeda namun dapat membantu pembangunan rumah. Ban bender digunakan untuk membuat baja tulangan menjadi bengkok dalam bermacam – macam sudut berdasarkan perencanaan, sedangkan ban cutter digunakan sebagai alat pemotong besi dan baja sesuai dengan kebutuhan.

Selain Memilih Ban Bender Dan Ban Cutter, Ternyata Penting Pula Untuk Memilih Kualitas Pasir

Material bangunan terbagi menjadi beberapa elemen yang memiliki fungsi berbeda – beda setiap elemennya. Salah satu komponen material yang penting dalam membangun rumah adalah pasir. Memilih pasir bukanlah merupakan hal yang sulit, namun kerapkali sebelum melakukan pembangunan rumah hal ini dikesampingkan.

Setiap pasir memiliki manfaat dan sumber yang berbeda – beda. Beberapa tips memilih pasir berkualitas untuk menghasilkan bangunan kuat dan kokoh di antaranya:

  1. Memiliki butiran yang keras dan tajam
  2. Terdapat kurang dari 3 % kandungan lumpur dari berat pasir
  3. Terbebas dari kandungan organik
  4. Tidak memiliki kandungan kotoran berbahaya seperti alkali, batu bara dan kotoran organik lainnya
  5. Terdiri atas beraneka ragam butiran

Memilih bahan material pasir sebelum membangun juga perlu mempertimbangkan kualitas dan kuantitas dari pasir. Dikarenakan pasir merupakan bahan material yang sangat penting dalam membangun jangan pernah ragu untuk menanyakan mutu dari pasir yang akan dibeli. Cara mudah yang dapat dilakukan sebelum memilih pasir adalah dengan mengambil pasir sebanyak satu genggam tangan kemudian masukkan tangan dengan pasir yang telah digenggam ke dalam air. Perhatikanlah perubahan apa yang akan terjadi. Jika pasir dalam genggaman mudah terlarut dalam air maka kualitas yang dimilikinya rendah karena banyak kandungan tanah di dalamnya. Berbeda hal ketika pasir sukar untuk larut dalam air, maka mutu pasir tersebut bagus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top